sign up SIGN UP search


moms-life

5 Hal yang Terjadi Ketika Ratu Elizabeth II Meninggal, Salah Satunya Gelar William & Kate Berubah

Annisa A   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 09:30 WIB
Ratu Elizabeth caption
Jakarta -

Berita meninggalnya Ratu Elizabeth II menggemparkan seluruh dunia. Wanita yang telah memerintah Kerajaan Inggris selama 7 dekade itu berpulang di usia 96 tahun.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia ketika sedang berada di Istana Balmoral, Skotlandia, pada 8 September 2022 lalu. Hal itu diumumkan secara resmi oleh pihak kerajaan pada hari ini.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," demikian pernyataan resmi dari pihak istana, dikutip Jumat (9/9/2022).


Sebelumnya, Ratu Elizabeth II dikabarkan tengah menjalani perawatan. Ia berada dalam pantauan tim medis karena kondisi kesehatannya menurun usai melantik perdana menteri baru, Liz Truss.

Di Britania Raya, sejumlah rencana telah dibuat untuk menghadapi kematian pemimpin mereka, termasuk Ratu Elizabeth II. Lantas, apa yang terjadi ketika sang Ratu Inggris mengembuskan napas terakhir?

1. Kabar ratu meninggal disampaikan dengan kode unik

Kerajaan Inggris memiliki protokol khusus ketika pemimpin mereka meninggal dunia. Terakhir kali seorang raja Inggris meninggal terjadi pada 65 tahun yang lalu, yaitu kematian George VI.

Berita kematian disampaikan menggunakan kata sandi "Hyde Park Corner", ke Istana Buckingham, untuk mencegah operator switchboard mengetahuinya. Pada kasus Ratu Elizabeth II, rencana tersebut memakai kata sandi "London Bridge". Hal ini dilakukan untuk mencegah berita menyebar secara tak terkendali.

Perdana menteri kemudian dibangunkan ketika kode tersebut dikeluarkan, dan jika dia belum bangun, maka pegawai negeri akan mengatakan kode "London Bridge Has Fallen'".

Dari Pusat Respons Global Kantor Luar Negeri di sebuah lokasi yang dirahasiakan di ibu kota, berita tersebut disebarkan ke 15 pemerintah di luar Inggris di mana Ratu juga menjadi kepala negara, dan 36 negara lain di Persemakmuran yang dia kuasai.

Ratu Elizabeth II pergi untuk selamanya tanpa banyak orang sadari. Informasi akan menyebar perlahan-lahan mulai dari keluarga, anggota pemerintahan, hingga akhirnya disampaikan ke masyarakat.

Media Inggris juga menerapkan protokol khusus di mana mereka menyampaikan kabar duka dengan mengenakan busana serba hitam. Masyarakat Inggris akan pulang kerja lebih awal, serta pilot di pesawat akan mengumumkan berita itu kepada penumpang mereka.

Tak lama kemudian, bendera Inggris di seluruh Britania Raya diturunkan setengah tiang sebagai simbol belasungkawa. Dalam beberapa jam setelah Ratu pergi, akan ada detail yang hanya bisa diputuskan oleh Charles.

"Semuanya harus ditandatangani oleh Duke of Norfolk dan Raja," kata seorang pejabat Inggris, dilansir dari The Guardian.

Kematian Ratu Elizabeth II menjadi waktu untuk Pangeran Charles naik takhta. Baca di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video tentang gaya parenting Kate Middleton kepada si bungsu:

[Gambas:Video Haibunda]



PANGERAN CHARLES JADI RAJA INGGRIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!