sign up SIGN UP search


moms-life

Kenapa Ratu Elizabeth II Pilih Tinggal di Istana Balmoral Sebelum Meninggal?

ANNISAAFANI   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 22:10 WIB
New British Prime Minister Liz Truss and her husband Hugh O'Leary pose outside Downing Street in London, Tuesday, Sept. 6, 2022, after returning from Balmoral in Scotland where she was formally appointed by Britain's Queen Elizabeth II. (AP Photo/Frank Augstein) caption
Jakarta -

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) lalu, Bunda. Ibunda Raja Charles III ini mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun.

Kabar kepulangan Ratu Elizabeth II diumumkan oleh Keluarga Kerajaan Inggris secara resmi. Dalam informasi tersebut, disebut bahwa ia meninggal di Istana Balmoral, Skotlandia.

"Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini," demikian pernyataan resmi dari pihak istana.


Mengutip dari berbagai sumber, ternyata berpulang di Istana Balmoral disebut-sebut menjadi keinginan Ratu Elizabeth II. Seolah-olah, wanita kelahiran 21 April 1926 tahu bahwa waktunya tak lagi panjang dan memilih kediamannya di Skotlandia itu sebagai tempat hidupnya berakhir.

"Ratu tahu dia tidak akan kembali (ke Istana Buckingham), saya pikir dia ingin berada di Balmoral dan dia ingin meninggal di sana," tutur Katie Nicholl selaku koresponden kerajaan pada BBC, dikutip dari Scottish Daily Express.

Lebih lanjut, Nicholl juga berbicara bahwa Ratu sempat memaksa untuk pulang ke Balmoral, Bunda. Sampai-sampai, ia mengabaikan kondisi kesehatannya yang sedang menurun kala itu.

"Sang Ratu, dengan masalah kesehatannya yang serius, tetap memutuskan ingin menghabiskan banyak waktu di Balmoral selama musim panas," tuturnya.

Keputusan Raru Elizabeth II untuk pulang ke Balmoral tersebut memang diselimuti banyak alasan. Seperti orang pada umumnya, Bunda dengan empat orang anak ini juga ingin menghabiskan waktu di rumah dengan sejuta kenangan yang terukir semasa hidup.

"Keputusan tersebut (secara tidak langsung) menjelaskan bahwa ada banyak fakta bahwa Istana Balmoral adalah tempat yang sangat nyaman berada, suatu tempat di mana dia bahagia dengan banyak kenangan indah," ujar Nicholl.

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Sebagai pemimpin negara, Ratu Elizabeth II secara otomatis diberikan pemakaman kenegaraan yang didanai publik. Meski ia meninggal di Balmoral, namun sang ratu tetap dipulangkan kembali ke Inggris.

Elizabeth mungkin telah menyetujui rencana pemakamannya sendiri, akan tetapi hal itu hanya dapat ditandatangani oleh raja yang tengah menjabat.

Oleh karena itu, Raja Charles III akan melaksanakan tugas tersebut demi sang Bunda dalam pertemuannya dengan Earl Marshal yang melakukan acara seremonial di luar negeri.

Rencana akan disusun selama dua minggu ke depan sejak kepulangannya ke pangkuan Yang Maha Esa. Sambil menunggu waktu, jenazah Ratu Elizabeth II akan dibaringkan di Aula Westminster, bagian tertua dari Istana Westminster.

Peti Ratu Elizabeth II diletakkan di atas panggung di tengah aula dan dijaga ketat sepanjang waktu oleh petugas dari Sovereign's Bodyguard, Foot Guards, atau Household Cavalry Mounted Regiment.

Di Britania Raya, sejumlah rencana telah dibuat untuk menghadapi kematian pemimpin mereka, termasuk Ratu Elizabeth II. Lantas, apa yang terjadi ketika sang Ratu Inggris mengembuskan napas terakhir?

Baca selengkapnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 3 perubahan gelar pada Kerajaan Inggris usai Ratu Elizabeth II wafat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HAL YANG TERJADI USAI RATU ELIZABETH II MENINGGAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!