sign up SIGN UP search


moms-life

Hati-hati Bun, 3 Hobi ini Bisa Bikin Boros dan Jadi Sulit Kaya

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 15:06 WIB
bookkeeper inspector calculated and checking balance account. accounting and auditing concept. Hati-hati Bun, 3 Hobi ini Bisa Bikin Boros dan Jadi Sulit Kaya / Foto: Getty Images/iStockphoto/utah778
Jakarta -

Hobi telah menjadi bagian dari gaya hidup setiap orang. Akan tetapi, beberapa hobi memakan biaya yang tidak sedikit untuk dilakukan. Hal ini dapat membuat orang jadi sulit kaya.

Beberapa hobi dan kebiasaan ini akan membuat Bunda kesulitan mengatur keuangan. Hal yang terkesan sepele ini, justru bisa membuat seseorang jatuh miskin.

Orang yang terlalu fokus menjalankan hobinya dapat melupakan target keuangan mereka sehingga menghambat impian untuk jadi kaya raya, Bunda.


Hobi tak selalu bersifat besar seperti mengoleksi mobil mewah. Namun, kebiasaan sepele seperti hobi nongkrong di kafe juga bisa bikin bangkrut perlahan-lahan.

Bunda, berikut ini 5 hobi yang sebaiknya dihindari agar tidak jatuh miskin:

1. Nongkrong tanpa tujuan

Berkumpul menghabiskan waktu dengan teman menjadi kegiatan yang seru. Namun, jangan sampai terlalu sering melakukannya tanpa tujuan atau hanya sekadar bersantai-santai.

Nongkrong di tempat hangout seperti kafe atau mall tidak baik untuk kondisi keuangan. Biasanya, orang justru akan menghabiskan banyak uang untuk nongkrong dalam waktu yang tidak seberapa lama.

Akan tetapi, Bunda tetap bisa menjalankan kehidupan sosial tanpa menjadi boros. Berikut ini tipsnya:

  • Buat jadwal nongkrong yang dibatasi, misalnya sebulan sekali. Apabila Bunda mendapatkan ajakan nongkrong di luar jadwal tersebut, sebisa mungkin tak perlu didatangi.
  • Makan dari rumah dapat menghemat pengeluaran ketika nongkrong. Bunda bisa membeli minuman saja yang lebih murah.
  • Buatlah ide nongkrong gratis, seperti berkumpul di rumah sambil menyaksikan drama Korea atau serial Netflix.

2. Mengikuti tren karena gengsi

Tren dapat bergulir dengan cepat. Kebiasaan mengikuti tren hanya karena FOMO (Fear of Missing Out) dapat berakibat buruk pada keuangan Bunda.

Sebaiknya, hindari gengsi agar tidak mudah terseret oleh tren yang justru bikin boros pengeluaran. Apabila boros, Bunda akan kesulitan untuk menabung dan berinvestasi untuk masa tua nanti.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang tips mengelola THR agar tidak boros:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!