sign up SIGN UP search


moms-life

Jarang Disorot, Siapa Sebenarnya Ayah dan Ibu Kandung Putri Diana?

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 28 Sep 2022 07:30 WIB
Diana, Princess of Wales meninggal pada usia 36 tahun dalam kecelakaan mobil pada 31 Agustus 1997 di Paris. Kematiannya menjadi gelombang kejut ke seluruh dunia. caption
Jakarta -

Nama Putri Diana tercatat sebagai salah satu tokoh dunia yang meninggalkan sejarah panjang. Sebelum meninggal pada 1997, ia pernah menjadi bagian dari kerajaan Inggris.

Putri Diana telah meninggal dua dekade lalu. Meski begitu, ibunda Pangeran William dan Pangeran Harry itu masih terus dibicarakan hingga kini. Bahkan, kisahnya banyak diangkat menjadi serial hingga film.

Di balik kisah tentang Putri Diana yang menyedot perhatian dunia, sosok kedua orang tuanya juga menarik untuk disimak. Sosoknya yang jarang dibicarakan sempat membuat publik penasaran.


Lantas, siapakah orang tua Putri Diana?

Orang tua Putri Diana diketahui bernama Edward John Spencer dan Frances Shand Kydd. Mereka menikah pada 1954 dan dikaruniai lima anak, tiga perempuan dan dua laki-laki.

Ibunda Putri Diana menikah ketika ia baru berusia 18 tahun. Edward John Spencer dan Frances Shand Kydd bertukar sumpah sehidup semati di Westminster Abbey.

Anak-anak Edward John Spencer dan Frances Shand Kydd

Setahun setelah mereka menikah, pasangan ini dikaruniai anak pertama, seorang putri bernama Elizabeth Sarah Lavinia. Dua tahun kemudian, lahir lagi seorang anak perempuan bernama Cynthia Jane.

Anak ketiga Edward John Spencer dan Frances Shand Kydd adalah seorang putra. Diberi nama John, ia lahir pada tahun 1960. Namun sayangnya, kakak laki-laki Putri Diana ini tak berumur panjang. Menurut laporan The Mirror, John meninggal beberapa jam setelah dilahirkan.

Di tahun berikutnya, barulah Putri Diana lahir ke dunia. Kemudian pada 1964, pasangan itu menyambut anak bungsu mereka, Charles Edward Maurice, yang mewarisi gelar Earl Spencer.

Tinggal di rumah keluarga kerajaan

Ayah Putri Diana bekerja sebagai salah satu petugas kerajaan, saat itu masih dipimpin oleh Raja George VI dan Ibu Suri Elizabeth. Menurut informasi yang diperoleh, Spencer menyewa rumah di perkebunan Ratu di Sandringham saat anak-anaknya masih kecil. Mereka menetap di Park House, tempat Diana lahir pada 1961.

"Selalu ada sesuatu yang istimewa tentang Park House. Sulit untuk mengetahui apa itu," kata mantan pengasuh Diana, Ingrid Crane, kepada CNN.

Pada pertengahan 70-an, keluarga Spencer meninggalkan Park House dan pindah ke Althorp Estate. Rumah mereka terletak di Northamptonshire, Inggris.

Menurut BBC, Diana menyukai properti tersebut, Bunda. Bahkan, jenazah ibunda Pangeran William dan Harry ini dikuburkan di sana usai mengalami kecelakaan pada 1997. Kini, perkebunan tersebut saat ini dimiliki oleh saudara laki-laki Diana, Charles Edward Maurice.

Putri DianaPutri Diana/ Foto: Instagram @princeandprincessofwales

Pernikahan orang tua Putri Diana

Rumah tangga orang tua Putri Diana tak bertahan lama, Bunda. Keduanya bercerai pada 1969 setelah 15 tahun membangun rumah tangga. Perceraian ini terjadi usai hubungan keduanya mulai memburuk pada tahun 1967. Menurut laporan The Washington Post, ibunda Putri Diana jatuh cinta dengan pria lain.

Dari perceraian tersebut, Spencer mendapat hak asuh tunggal atas anak-anaknya. Putri Diana yang masih berusia amat muda bersama Charles, tinggal di Althorp bersama ayah mereka. Sementara itu, Sarah dan Jane ke sekolah berasrama.

"Diana dan saya memiliki dua kakak perempuan yang pergi ke sekolah (berasrama), jadi dia (Putri Diana) dan saya sangat sering bersama dan saya berbicara dengannya tentang hal itu," kata Charles kepada The Sunday Times pada tahun 2020.

John Spencer kemudian kembali menikah pada tahun 1976. Namun, keputusannya tersebut ia ambil tanpa memberi tahu anak-anaknya, Bunda.

Wanita yang menjadi pilihan hati Spencer bernama Raine McCorquodale. Ketika Putri Diana mengetahui pernikahan tersebut, dia sangat marah sehingga memukul wajah sang ayah.

"Saya benar-benar marah. Jika saya ingat dengan benar, saya menampar wajahnya, dan saya berkata, 'Itu dari kita semua, karena telah menyakiti kami' dan berjalan keluar dan membanting pintu," kata Putri Diana dalam rekaman video.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga fakta di balik wawancara Putri Diana yang menggegerkan kerajaan Inggris dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HUBUNGAN PUTRI DIANA DAN ORANG TUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!