sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Mengelola Uang Pesangon saat Bunda atau Suami kena PHK, Harus Tepat Guna

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 17:15 WIB
CARA MENGELOLA UANG PESANGON
Ilustrasi keuangan atau kaya caption

3. Jadikan modal bisnis

Bunda boleh memanfaatkan uang pesangon ini untuk modal berbisnis. Namun, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya, tidak sedang terlilit oleh utang, punya proteksi asuransi, dan dana darurat aman.

Selain itu, disarankan juga untuk menjalani bisnis yang Bunda pahami, bukan dalam tahap hanya coba-coba saja, ya, Bunda. Hindari juga untuk menghabiskan uang pesangon 100 persen hanya untuk modal awal. Hal ini karena akan ada risiko berbisnis yang bisa membutuhkan suntikan dana di tengah jalan.

4. Mempercepat tujuan keinginan

Bunda bisa mempercepat tujuan keinginan, dengan syarat bila Bunda sudah mendapat kembali pekerjaan dan pemasukan tetap setiap bulannya.


“Sebut saja misalnya Anda memiliki tujuan keinginan umrah 3 tahun lagi, sedangkan kebetulan tabungan umrah Anda sampai hari ini baru menyentuh 10 persen dari target. Nah, maka pesangon ini bisa dimasuki ke tabungan tersebut sehingga bisa mempercepat tercapainya mimpi untuk berangkat umrah,” ujar Sayoga.

Tes kehamilan dengan garam

5. Hindari melakukan investasi bila belum mendapat pekerjaan baru

Mengatur keuangan setiap korban PHK tentunya berbeda-beda, dengan orang yang memiliki pemasukan yang stabil. “Apabila kondisinya masih belum ada pekerjaan baru, maka anggaran untuk investasi masa depan bisa dihilangkan dulu, mengingat kondisi yang masih minus, dan juga dana darurat yang terus tergerus,” jelas Sayoga.

Nah, bagi Bunda yang mendapatkan uang kaget seperti pesangon alangkah baiknya untuk mengikuti beberapa langkah di atas agar uang tersebut tidak cepat habis, ya, Bunda. Semoga bermanfaat.

(asa)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!