sign up SIGN UP search

moms-life

Mengenal Manfaat Metformin, 'Obat Ajaib' yang Bisa Bikin Panjang Umur

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 19:25 WIB
Metformin caption
Jakarta -

Harapan agar hidup panjang umur menjadi doa banyak orang. Tak hanya doa, mereka pun biasanya mengimbangi dengan gaya hidup sehat agar tak mudah sakit-sakitan.

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan banyak sekali kematian. Namun kini, ada obat bernama Metformin yang disebut-sebut sebagai obat diabetes dengan kelebihan bisa 'memperpanjang' umur. Bagaimana faktanya?

Hingga saat ini, keajaiban atau keampuhan Metformin masih terus diteliti, Bunda. Obat satu ini banyak diresepkan pada pasien Diabtes tipe 2, yaitu obat minum golongan biguanide.


Diabetes tipe 2 sendiri adalah suatu penyakit yang menyebabkan kondisi tubuh tidak dapat menghasilkan insulin secara normal. Insulin adalah hormon yang bertugas mengubah gula menjadi energi, Bunda.

Kekurangan insulin dapat mengakibatkan gula menumpuk dalam aliran darah. Akibatnya tidak akan berubah menjadi energi.

Menurut penjelasan Robert H.Shmerling, dokter dan anggota fakultas kesehatan di Harvard Medical School yang dipublikasi di website Harvard Health Publishing, pemberian Metformin dipercaya bisa menghilangkan rasa sakit akibat kekurangan insulin. Selain itu 'obat ajaib' ini juga bisa mengobati atau mencegah penyakit kardiovaskular, bahkan digadang-gadang bisa mencegah kanker.

Kandungan Metformin

Metformin sebenarnya bukanlah obat jenis baru, karena sejarahnya sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Di Eropa, ramuan obat Galega officinalis sangat populer untuk kesehatan pencernaan dan untuk mengobati masalah kencing, dan penyakit lainnya.

Sedangkan pada tahun 1918, seorang ilmuwan menemukan bahwa salah satu kandungan di dalamnya yang bernama guanidin dapat menurunkan kadar gula darah. Selanjutnya obat-obatan yang mengandung guanidin, seperti Metformin dan phenformin, dikembangkan untuk mengobati diabetes. Tetapi mereka tidak disukai karena efek samping yang serius yang disebabkan oleh phenformin, dan oleh penemuan insulin.

Manfaat metformin

Metformin ternyata tidak hanya membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Kandungan di dalamnya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Saat ini, para peneliti sedang menyelidiki potensi Metformin untuk beberapa penyakit lain, seperti:

  • Menurunkan risiko kanker pada orang dengan diabetes tipe 2. Termasuk di antaranya kanker payudara, usus besar, dan prostat.
  • Menurunkan risiko demensia dan stroke. Beberapa penelitian telah mencatat penurunan kognitif yang lebih sedikit dan tingkat demensia yang lebih rendah, serta tingkat stroke yang lebih rendah, di antara orang-orang dengan diabetes yang menggunakan Metformin dibandingkan dengan mereka yang tidak memakainya.

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga ulasan terkait penyakit diabetes penyebab kematian bintang film Danur dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!