sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Melindungi Diri dari Diabetes, Salah Satunya Pilih Asupan Rendah Gula

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 22:05 WIB
Asian young woman refuse junk food while choose to eat healthy salad and fruit juice for her healthy. Girl take care of herself by having high nutrition food every day. Good food for healthy concept. caption
Jakarta -

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang paling sering ditemui di Indonesia. Faktanya juga menunjukkan bahwa Indonesia termasuk dalam lima besar negara dengan kasus diabetes tertinggi di dunia, lho, Bunda.

Peringkat tersebut berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) tahun 2021 ada sekitar 19,5 juta orang Indonesia yang berusia 20 sampai 79 tahun yang tercatat mengidap penyakit mematikan yang satu ini.

Banyaknya jumlah penderita diabetes di Indonesia menjadi sebuah peringatan bagi setiap orang untuk berusaha lebih keras lagi dalam mengurangi risiko diabetes ini.


Indonesia jadi salah satu negara dengan kasus diabetes tertinggi di dunia

Kebanyakan orang tidak ingin melewatkan beberapa hal yang sedang populer di kalangannya, seperti mengonsumsi minuman kekinian yang ternyata dapat meningkatkan risiko diabetes karena kadar gulanya yang tinggi.

Tingginya kasus diabetes tidak lepas dari kebiasaan mengonsumsi gula yang terus meningkat, khususnya pada kalangan muda. Prevalensi diabetes akan sulit ditekan jika masyarakat masih terus mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat.

“Kebiasaan minum dan makanan manis dalam jumlah banyak dan rutin dapat membuat tubuh mengalami resistensi insulin, yakni sel-sel tubuh tidak mampu menggunakan gula yang masuk ke dalam tubuh karena terjadi gangguan respon insulin atau dikenal dengan prediabetes,” ujar dr. Fridolin Seto Pandu, Senior Manager Medical Underwriter Sequis.

Sementara itu, dr. Fridolin juga menambahkan bahwa insulin sangat berguna untuk membantu proses metabolisme diabetes. “Jika tidak segera diobati, dalam jangka panjang bisa menyebabkan penyakit diabetes dan penyakit komplikasi lainnya, seperti stroke, hipertensi, jantung koroner, dan disfungsi ereksi,” tambahnya.

Mengurangi konsumsi asupan yang manis dan menjalani pola hidup yang sehat adalah salah satu bentuk perlindungan yang bisa Bunda lakukan untuk menghindari terkena risiko diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Tubuh yang sehat dapat membantu Bunda untuk menjalani serangkaian aktivitas, seperti sekolah dan bekerja demi mencapai kesejahteraan hidup.

Lalu, apa saja yang bisa Bunda lakukan untuk menghindari diabetes? Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara menghindari risiko diabetes, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video waspada diabetes pada Si Kecil yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

5 PROTEKSI DALAM DAN LUAR UNTUK MENGHINDARI RISIKO DIABETES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!