sign up SIGN UP search


moms-life

5 Strategi Cegah Risiko Diabetes, Salah Satunya Kelola Stres dengan Baik

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 22:50 WIB
5 Gula Alami Ini Lebih Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes caption
Jakarta -

Tahukah Bunda kebiasaan tidak bisa mengontrol asupan makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak dapat menyebabkan diabetes? Diabetes menjadi salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di Indonesia.

Indonesia menjadi negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar kelima di dunia. Penyakit ini juga telah menyebabkan 6,7 juta kematian pada tahun 2021, dan diperkirakan terdapat satu orang meninggal setiap lima detik akibat diabetes.

Apabila tidak ada pencegahan yang dilakukan semua orang, angka diabetes ini bisa meningkat sampai 643 juta pada 2030 dan 784 juta pada 2045.


Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya gaya hidup kekinian yang sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan gula berlebih serta kurangnya olahraga, sehingga meningkatkan risiko terkena diabetes.

Oleh karenanya, Bunda perlu melakukan serangkaian aktivitas untuk mencegah risiko terkena diabetes. Bunda penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit mematikan yang satu ini?

5 Strategi mencegah risiko diabetes

“Kondisi diabetes saat ini sangat mengkhawatirkan, mengingat diabetes merupakan Mother of Diaseases karena menyebabkan munculnya kompilasi berbagai penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan komplikasi lainnya,” ujar dr. Rudy Kurniawan, SpPD, DipTH, MM, MARS, dokter spesialis penyakit dalam, dalam acara Media Workshop 'Batasi Konsumsi Gula untuk Cegah Diabetes.'

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Bunda lakukan guna mencegah risiko diabetes sejak dini.

1. Perhatikan jumlah gula

Ini adalah langkah utama yang perlu dilakukan untuk mencegah diabetes, dr. Rudy mengatakan bahwa membatasi jumlah gula per harinya sangatlah penting.

“Konsumsi gula berlebih sangat berkontribusi terhadap tingginya asupan kalori yang dapat meningkatkan diabetes,” ujar dr. Rudy.

Dalam sehari setiap orang perlu mengonsumsi sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan untuk semua jenis makanan dan minuman secara keseluruhan.

2. Memilih makanan yang sehat

Tidak ada batasan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Menurut dr. Rudy yang paling penting adalah memperhatikan batasan GGL (Gula Garam Lemak).

“Kalau daftar makanan khusus untuk menghindari diabetes tidak ada, yang penting sesuai dengan porsinya secukupnya, kemudian dengan batasan GGL kita harus perhatikan juga,” saran dr. Rudy.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui strategi guna mencegah diabetes, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 Manfaat jahe dan dosis aman untuk ibu hamil yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

STRATEGI MENCEGAH RISIKO DIABETES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!