sign up SIGN UP search

moms-life

5 Cara Melindungi Diri dari Diabetes, Salah Satunya Pilih Asupan Rendah Gula

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 22:05 WIB
5 PROTEKSI DALAM DAN LUAR UNTUK MENGHINDARI RISIKO DIABETES
Mid adult diabetic woman checking glucose level at home during pandemic crisis. caption

5 Proteksi dalam dan luar untuk menghindari risiko diabetes

Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak kasus diabetes di dunia. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko penyakit yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu Bunda hindari. Simak berikut ini, ya, Bunda.

1. Pilih asupan yang rendah gula

Dr. Fridolin menyarankan untuk memilih asupan rendah gula begitu juga dengan karbohidrat agar tidak melebihi kebutuhan harian. Boleh saja makan yang manis, tetapi Bunda juga perlu mengurangi porsi dan durasi konsumsinya hingga terbiasa memesan minuman kekinian tanpa gula.

2. Lakukan olahraga secara rutin

Latihan beban sangat baik karena dapat bantu membakar otot gula dan meningkatkan kerja insulin. Sementara itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan Bunda tetap ideal, meningkatkan kesehatan mental, menjaga suasana hati tetap tenang, hingga mengurangi risiko stres.


Banner Tips Melahirkan Lancar

3. Terapkan pola hidup sehat

Meski menjalankan hidup sehat itu tidak mudah, Bunda akan terbiasa bila terus dilatih. Pola hidup sehat berkaitan dengan makanan dan minuman bergizi dan seimbang yang kita konsumsi, cukup istirahat dan tidur teratur, pengelolaan stres dan berpikir positif, serta secara perlahan hentikan kebiasaan merokok, minum soda, dan alkohol.

4. Periksa kadar gula darah secara berkala

Bunda juga perlu rutin memeriksa kadar gula darah, memonitor kadar gula darah sebagai upaya deteksi dini penyakit diabetes. Bagi kondisi tubuhnya yang sehat dan tidak berisiko tinggi terhadap diabetes dapat melakukannya setahun sekali.

Sedangkan, bagi Bunda yang memiliki riwayat jantung, stroke, atau memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, mengalami obesitas, serta berusia 40 tahun ke atas sebaiknya melakukan pemeriksaan ini lebih sering sesuai dengan petunjuk yang diberikan dokter.

5. Miliki asuransi jiwa dan kesehatan

Pengobatan diabetes sudah pasti membutuhkan biaya yang tinggi dan perlu dilakukan secara berkelanjutan. Tanpa memiliki asuransi kesehatan, finansial keluarga dapat terganggu dan bisa berdampak serius bagi kelangsungan hidup keluarga.

Itulah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan demi memiliki hidup sehat dan terhindar dari risiko diabetes yang mematikan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

(asa/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!