sign up SIGN UP search


moms-life

Deretan 5 Jenis Susu dari yang Paling Mahal, Ada Susu Keledai Bun

Jessica Elisabeth Gunawan   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 16:50 WIB
minum susu bisa memicu timbulnya jerawat Deretan 5 Jenis Susu dari yang Paling Mahal, Ada Susu Keledai Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative

Susu paling mahal di dunia ternyata bukan susu sapi, Bun. Jenis susu pun beragam, ada sisi hewani hingga susu dari tumbuhan. Harganya pun beragam, nih Bun.

Manusia mengonsumsi susu sejak ribuan tahun yang lalu. Kandungan dalam susu seperti kalsium, vitamin, lemak, mineral, dan lain-lainnya menyimpan berbagai manfaat. Selain itu, susu juga merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh.

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, susu juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, Bunda. Makanan yang memiliki bahan dasar susu seperti keju, yogurt, dan mentega dapat diolah menjadi makanan lain. Lalu, susu juga digunakan sebagai campuran untuk minuman seperti kopi dan es krim.


Susu paling mahal di dunia berasal dari hewan bahkan tumbuhan dengan kandungan dan manfaat yang beragam. Kebanyakan orang mengonsumsi susu ini sebagai gantinya susu sapi, Bunda.

5 Susu paling mahal di dunia

Penasaran apa saja, sih susu paling mahal di dunia? Merangkum laman Chef’s Pencil, ini dia 5 susu paling mahal di dunia.

1. Susu Keledai

Susu paling mahal yang ada di dunia adalah susu dari hewan keledai. Susu ini jarang dijual secara komersial karena seekor keledai hanya bisa menghasilkan satu liter susu per hari nya. Satu liter susu keledai dihargai 60 hingga 130 dollar atau Rp937 ribu hingga Rp2 juta, lho Bunda.

Apa yang membuat susu keledai mahal ternyata tidak hanya produksinya yang kecil, tetapi manfaat kesehatannya, Bun. Susu keledai memiliki kandungan kasein yang lebih rendah dari susu sapi.

Mengutip healthline, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki susu sapi tidak menunjukkan reaksi alergi ketika minum susu keledai. 

2. Susu Nakazawa

Susu nakazawa merupakan susu sapi premium dari Jepang yang dikhususkan untuk orang dewasa yang menjalani kehidupan penuh tekanan. Satu liter susu nakazawa dihargai 40 dolar atau Rp625 ribu, Bun.

Susu ini diproduksi dengan teknik yang cukup unik, yaitu susu diperah seminggu sekali waktu subuh. Lalu, susu yang sudah diperah harus buru-buru dikemas paling lama enam jam untuk menjaga semua kandungan nutrisi.

Satu liter susu nakazawa mengandung melatonin empat kali lebih banyak dari susu sapi biasa. Melatonin adalah hormon dalam tubuh manusia yang mengontrol stres. Maka dari itu, susu nakazawa diklaim dapat mengurangi stres bagi orang dewasa.

Cek halaman selanjutnya untuk mengetahui jenis susu mahal lainnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

SUSU MAHAL LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!