sign up SIGN UP search


moms-life

Kata Dokter soal Viral Racikan Skincare Micin Bikin Auto Glowing

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 18:47 WIB
Woman using facial oil blotting paper. Photo of woman with perfect makeup on pink background. Beauty concept Viral Racikan Skincare Micin Bikin Auto Glowing, Simak Penjelasan Ahli Kecantikan Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Semua orang memang berharap memiliki kulit wajah yang sehat ya, Bunda. Dengan begitu, maka penampilan kulit terlihat menjadi lebih cerah dan glowing.

Untuk mencapai hal tersebut, memang ada beragam upaya yang perlu dilakukan seperti halnya perawatan. Beberapa orang berharap mendapatkan wajah glowing dengan cara instan, namun sayang hal yang dilakukan justru dapat membahayakan.

Misalnya saja dengan konten viral di TikTok belum lama ini. Dalam unggahan yang menyorot perhatian tersebut, seorang wanita pemilik akun TikTok @bind***, meracik skincare yang disebut sebagai skincare miskin.


Dalam racikan tersebut, ia mencampurkan deretan bahan. Mulai dari tomat, kunyit, madu, dan terakhir dicampur dengan micin yang merupakan bumbu masakan.

Video tersebut tuai banyak komentar. Banyak mereka yang bertanya soal keamanan masker wajah atau skincare miskin tersebut. Sebagai dokter kecantikan yang gencar mengedukasi masyarakat terkait skincare yang aman dan bahaya, dr. Richard Lee, Mars, PhD pun angkta suara.

Tak sendirian, ia bersama dr. Anne asal Malaysia menjawab beragam pertanyaan warganet terkait hal ini melalui akun pribadinya. dr. Richard Lee menjelaskan jika sebenarnya hal ini aman-aman saja untuk dilakukan.

"Sebenarnya aman-aman saja. Jadi micin atau garam itu, sebenarnya punya manfaat bagi kulit kita," ujar dr. Richard Lee.

Ia pun mengungkapkan deretan manfaat micin atau garam untuk kulit. Dimulai dari sebagai scrub, sampai ternyata bisa melembapkan kulit secara alami.

"Apa sih manfaatnya, ada tiga nih. Pertama, sebagai eksfoliator, jadi sering juga dipakai dalam scrub-scrub pastinya ya. Yang kedua, bisa untuk melembapkan karena sebenarnya garam itu menahan air di dalam kulit kita, jadi bisa untuk melembapkan kulit. Yang ketiga, bisa untuk mengurangi kelenjar minyak berlebih, jadi produksinya itu bisa dikurangi dengan menggunakan garam ataupun micin,"paparnya.


TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 langkah mudah mengetahui kandungan skincare dan kosmetik di situs BPOM dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!