sign up SIGN UP search

moms-life

5 Penyebab Darah Haid Berwarna Coklat, Normal atau Perlu Diwaspadai?

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 26 Nov 2022 21:50 WIB
Ilustrasi pembalut caption

Darah haid berwarna coklat atau biasa disebut flek normal bagi sebagian besar wanita. Namun ada penyebab yang patut diwaspadai saat darah haid berwarna coklat. Apakah itu?

Warna darah haid memang tidak selalu merah, terkadang bisa merah muda hingga coklat tua. Darah haid berwarna coklat umumnya tak perlu dikhawatirkan, Bunda.

Meski demikian, jika darah haid berwarna coklat muncul di antara waktu haid atau memiliki gejala lain, seperti berbau, mungkin bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan. Untuk itu, Bunda perlu memperhatikan tekstur dan ciri darah haid berwarna coklat yang normal dan tidak. 


Penyebab darah haid berwarna coklat

“Kita biasanya menganggap darah haid berwarna merah cerah tapi darah menjadi lebih gelap ketika memiliki waktu untuk teroksidasi. Ini karena hemoglobin dalam darah berubah menjadi coklat saat terpapar oksigen dan itu bisa terjadi saat darah berada di dalam rahim untuk jangka waktu yang lama,” papar Christine Greves, MD, seorang ginekolog di Winnie Palmer Hospital for Women and Babies, mengutip Insider.

Ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Berikut adalah beberapa penyebab normal mengapa Bunda mungkin melihat darah haid berwarna coklat:

1. Awal haid

Pada awal siklus menstruasi, Bunda mungkin melihat sisa darah dari periode terakhir yang tertinggal di rahim dan tampak berwarna coklat.

2. Akhir haid

Pada akhir siklus Bunda, mungkin melihat darah haid berwarna coklat karena darah telah menghabiskan waktu lebih lama di rahim sebelum meninggalkan tubuh.

Ada juga beberapa alasan terkait non-haid mengapa Bunda mungkin mengalami flek atau keluar darah berwarna coklat dari vagina:

3. Menopause

Bunda mungkin melihat darah berwarna coklat atau keluarnya cairan setelah menopause. Ini karena saat kadar estrogen Bunda turun, lapisan rahim dan vagina Bunda bisa luruh dan menjadi lebih tipis.

4. Kehamilan awal

Flek atau darah coklat bisa muncul di awal kehamilan. Ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim, mungkin mengalami pendarahan implantasi. Pendarahan ini lebih ringan dari haid biasa dan bisa berwarna coklat.

5. Setelah melahirkan

Jika Bunda telah melahirkan dalam enam minggu terakhir atau selesai masa nifas, tubuh akan terus mengeluarkan darah dan jaringan dari rahim mungkin tampak coklat. Flek bisa terjadi pada periode ini.

Lanjut baca halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

PENYEBAB DARAH HAID WARNA COKLAT YANG PATUT DIWASPADAI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!