sign up SIGN UP search

moms-life

Uniknya Kencan WNI & Pria Korea, Pacaran Sambil Jualan hingga Menikah dan Sukses di Busan

ANNISAAFANI   |   Haibunda Jumat, 10 Mar 2023 12:35 WIB
cathlea kim caption
Jakarta -

Kisah cinta dari pasangan beda negara enggak ada habisnya, Bunda. Beberapa waktu yang lalu, Bubun berhasil mengontak Cathlea Kim yang menikah dengan pria Korea bernama Younghyun Kim.

Pasangan ini menikah sejak 2021. Kini, keduanya sibuk menjadi pengusaha dengan membuka butik batik di Busan, Korea Selatan.

Saat ditanya soal hubungan asmara, Cath membeberkan bahwa pertemuan mereka diatur oleh temannya. "Awalnya karena teman saya yang memperkenalkan," katanya melalui WhatsApp beberapa waktu yang lalu.


Wanita asal Semarang ini memaparkan bahwa ia dan suami berkencan sambil mencari keuntungan, Bunda. Tak seperti pasangan lain, keduanya justru pacaran sambil jualan.

"Biasanya orang kalau nge-date ngabisin uang, kita malah dapat uang karena nge-datenya sambil jualan, haha," kenangnya.

Bisnis tampaknya memang membuat hubungan keduanya semakin erat, Bunda. Terlebih lagi, Cath menyebut bahwa sang suami adalah sosok yang amat pengertian serta selalu memberikan dukungan kepadanya.

"Suami saya selalu support saya, nggak pernah mengeluh, selalu sabar, selalu menghormati saya. Kami juga saling melengkapi kekurangan masing-masing dalam segala hal," katanya.

Suatu ketika ketika orang tua Cath datang ke Korea Selatan, suaminya memaksa untuk bertemu dengan orang tuanya secara langsung. Kata Cath, sejak awal Younghyun Kim memang menunjukkan keseriusan.

"Saat orang tua saya main ke Korea pertama kali, suami saya yang minta ketemu sama mereka."

"Sampai akhirnya kami berdua ke Indonesia karena suami saya mau minta izin untuk menikahi saya. 1 tahun setelah itu kami menikah di Busan lalu ke Indonesia dengan keluarga suami untuk melakukan pesta pernikahan di Indonesia," bebernya.

Buka butik di Korea

Berawal dari kencan sambil jualan, bisnis Cath dan suami terus berkembang. Setelah menikah, mereka terus berkomitmen untuk saling bahu membahu mewujudkan mimpi hingga berhasil membukan toko bernama Halo Bali.

Untuk memulai semuanya, Cath menyebut perizinan bisnis, merupakan langkah awal yang paling penting. Bagi warga asing, perlu untuk punya visa bisnis sebelum berdagang. Tapi dalam kasusnya yang menikah dengan warga setempat, maka administrasi tersebut bisa dilewati.

"Untuk perizinan membuka bisnis bagi warga asing tentu diperlukan uang yang cukup banyak agar bisa mendapatkan visa bisnis. Tetapi saya tidak menggunakan visa bisnis karena suami saya orang Korea," ujarnya.

"Namun untuk kepemilikan bisnis, tetap ada nama saya. Jadi bisnis ini atas kepemilikan bersama," sambungnya.

Cath dan suami kemudian membangun bisnis butik dan menjual beberapa barang berkaitan dengan batik di Busan, Bunda. Barang-barang tersebut berupa aksesoris dari brand Indonesia. Mulai dari fashion hingga dekorasi rumah, Cath ungkap bahwa ia dan suami selalu berusaha membuat produk yang dijual sesuai dengan kesukaan warga Korea.

"Ada aksesoris dari brand lokal Indonesia yang pernah kami jual di butik, tas-tas rotan, hiasan kayu. Barang-barang yang kami tidak bisa produksi sendiri dan yang kami curate sendiri yang kira-kira cocok dengan kesukaan orang Korea," katanya.

Simak kisah selanjutnya di halaman berikut ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis! 

Simak juga cerita Bunda Dinda anggota komunitas Haibunda Squad yang membangun bisnis mainan anak dalam video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

PERJUANGAN MEJALANKAN BISNIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!