moms-life

Cerita Model Zsazsa Caesar Idap Vitiligo, Dibully & Disebut Anak Hasil Pesugihan

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Senin, 20 Mar 2023 10:45 WIB

Jakarta -

Beauty influencer dan model Tanah Air, Zsazsa Caesar, sudah sejak kecil mengidap vitiligo. Akibat kondisinya ini, ia pernah dibully dan dianggap anak hasil pesugihan oleh netizen.

"Vitiligo kalau secara ilmiah itu kondisi autoimun di mana imun kita itu menyerang warna kulit atau melanin, jadi muncul bercak-bercak putih," kata Zsazsa dikutip dari YouTube insertlive.

Zsazsa pertama kali mengetahui perubahan di kulitnya saat berusia 5 tahun. Namun, wanita 27 tahun ini baru menyadari dirinya berbeda dan kehilangan rasa percaya diri saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).


Ketika SD, Zsazsa menjadi korban bullying teman-temannya. Zsazsa bahkan menjadi bahan lelucon oleh pria yang disukainya waktu kecil, Bunda.

"Awalnya biasa saja, kayak, 'oh ada warna kulitku, ada putihnya'. Tapi, pas kelas 5 SD mulai teman-teman nge-bully, kayak nunjuk, 'ih kakinya putih-putih kayak sapi'," ujar Zsazsa.

"Terus di salah satu itu (yang bully), ada cowok yang aku (suka). Di situ down langsung ngerasa enggak pede, oh ini tuh ternyata lelucon dan candaan ya," sambungnya.

Sebelum dibully, Zsazsa diperlakukan seperti layaknya anak lain di lingkungan rumah. Keluarganya tidak pernah menjadikan vitiligo yang diidapnya sebagai masalah atau kekurangan.

Pernah tidak direstui ortu pacar karena kondisinya

Kondisi vitiligo yang dialami Zsazsa juga pernah membuatnya patah hati dan terpuruk. Hubungannya dengan seorang pria pernah terganjal restu karena kondisinya ini, Bunda.

Meski sudah terbayang akan mengalami hal tersebut, nyatanya Zsazsa tetap saja sulit menerima. Bahkan, wanita asal Bandung ini sempat takut memiliki keturunan.

"Pernah waktu itu aku dekat sama cowok, cowoknya itu nerima kondisi ini sih, tapi orang tuanya bilang, 'emang mau punya anak yang kayak gitu juga'," ungkapnya.

"Aku sebenarnya sudah ngebayangin case yang bakal terjadi, tapi pas kejadian tetap saja enggak siap, maksudnya enggak semua orang menerima ini, dan aku sebagai manusia juga enggak mau anak aku kayak begini," sambungnya.

Perlahan, Zsazsa pun bisa menerima dirinya. Ia kini tak lagi memiliki pemikiran negatif soal vitiligo yang diidapnya.

"Tapi setelah aku sudah menerima diri aku, 'emang kenapa kalau anak aku nanti begini juga', ini bukan sesuatu yang buruk yang seperti orang lihat atau nilai. Pada akhirnya ku bangkit lagi," katanya.

Selain dibully teman sekolah, Zsazsa juga kerap menerima komentar dan stigma negatif dari netizen. Ia dianggap anak hasil pesugihan. Seperti apa ceritanya?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Simak juga cerita Joanna Alexandra tentang anaknya yang mengidap penyakit langka, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT