sign up SIGN UP search

moms-life

Sunah Dimakan di Bulan Ramadan, Ini Kebaikan Kurma untuk Kesehatan

Tim berbuatbaik.id   |   Haibunda Rabu, 29 Mar 2023 19:25 WIB
Kurma caption
Jakarta -

Di bulan Ramadan ini pasti kamu akan menemukan banyak toko yang mulai menjual kurma. Pada umumnya, buah tersebut dijual dalam bentuk kemasan kotak atau secara eceran.

Perlu diketahui, kurma adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam agama Islam, Nabi Muhammad SAW bahkan menganjurkan agar umatnya berbuka puasa dengan buah kurma karena bisa membawa berkah.

Lantas apa saja sih manfaat buah kurma dan apa saja jenis-jenis kurma yang umum dikonsumsi? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel yang dilansir dari detikbali ini yuk.


1. Melancarkan Pencernaan

Mengutip situs Kementerian Kesehatan, kurma dapat membantu melancarkan pencernaan. Sebab, kurma mengandung serat pangan yang baik untuk melancarkan pencernaan ketika buang air besar.

Selain itu, kurma juga mengandung asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan. Hal ini membuat nutrisi lebih cepat diserap oleh sistem pencernaan, lalu nutrisi tersebut akan disalurkan ke seluruh tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kurma berikutnya yakni dapat menjaga kesehatan tulang. Soalnya, kurma mengandung mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

tulangtulang/ Foto: Shutterstock/

3. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan di dalam kurma ternyata dapat memperkuat kekebalan tubuh, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit dan virus. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah peradangan serta radikal bebas.

Ada tiga jenis antioksidan yang paling potensial di dalam kurma, yaitu flavonoid, jenis antioksidan ini ampuh untuk menurunkan inflamasi dan berpotensi menurunkan risiko diabetes, Alzheimer, dan sejumlah jenis kanker lainnya. Karotenoid dapat menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko penyakit mata serta asam fenolat, dikenal dengan sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

4. Mencegah Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami penurunan jumlah sel darah merah. Untuk mengatasi hal tersebut, sahabat baik bisa rutin mengkonsumsi kurma, karena terdapat kandungan zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah di tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat kurma selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan bagi ibu hamil dan janinnya. Sebab, kurma mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan ibu hamil serta sang janin, seperti vitamin, protein, mineral, serat, karbohidrat, dan antioksidan.

Ibu Hamil MuslimIbu Hamil Muslim/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

6. Melancarkan Proses Persalinan

Selain menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, kurma juga dapat melancarkan proses persalinan, lho. Dari hasil penelitian oleh Jordan University of Science and Technology, disebutkan kalau rutin makan kurma muda pada ibu hamil dapat melancarkan proses persalinan.

Selain itu, dengan tercukupinya asupan nutrisi karena mengkonsumsi kurma, hal ini dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan pada bayi, seperti cacat bawaan lahir, kelahiran prematur, atau terlahir dengan berat badan rendah.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Dilansir situs Healthline, kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi otak. Dengan rutin menyantap kurma, hal ini dapat membantu menurunkan inflamasi di otak dan mencegah risiko terkena Alzheimer.

8. Menstabilkan Gula Darah

Meskipun rasanya mani, namun kurma dapat menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh. Dijelaskan dalam buku Mengais Berkah di Bumi Sang Rasul oleh Ahmad Hawassy, makan kurma muda secara rutin dapat menjaga kadar gula darah tetap normal. Sebab, kandungan gula pada kurma muda jauh lebih sedikit daripada kurma tua.

9. Menurunkan Berat Badan

Kurma mengandung karbohidrat dan gula yang bersifat mengenyangkan. Apabila kamu makan kurma saat berbuka puasa, hal tersebut membuat perut terasa lebih cepat kenyang.

Nah, cara tersebut juga dapat membantu menurunkan berat badan. Soalnya, kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, karena sudah merasa kenyang akibat makan kurma.

Nah, sahabat baik sudah tahu kan segudang manfaat kurma. Yuk, mulai konsumsi kurma sekarang juga. Eits, tapi biar bulan Ramadanmu semakin berkah, jangan lupa juga untuk Donasi di berbuatbaik.id

Donasi atau bersedekah di berbuatbaik.id itu 100% tersalurkan sehingga kamu gak perlu was was donasi tidak diterima oleh penerima donasi. Ayo berbuat baik mulai hari ini, mulai sekarang juga!

(mul/ziz)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!