moms-life

Bacaan Niat Puasa Syawal & Keutamaan Puasa Selama Enam Hari Setelah Lebaran

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Minggu, 23 Apr 2023 13:52 WIB

Jakarta -

Setelah melewati bulan Ramadan, Bunda akan bertemu dengan bulan Syawal. Syawal termasuk bulan yang memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah dianjurkannya puasa sunah selama enam hari yang dinamakan dengan puasa Syawal. Adapun niat puasa Syawal yang perlu Bunda tahu.

Kembali berpuasa setelah hari raya Idul Fitri merupakan cara bersyukur kepada Allah SWT atas berkah yang telah diterima, Bunda.

Berkah yang dimaksud itu adalah dosa-dosa yang telah diampuni selama bulan Ramadan. Tak hanya itu, ada juga keutamaan yang bisa Bunda dapatkan dengan menjalani puasa Syawal, lho.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Nama Bayi Perempuan

Bacaan niat puasa Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaai sunnatis syawwali lillaahi ta’aala

Artinya:

“Saya niat berpuasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.”

Dirangkum dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII karya H. Ahmad Ahyar dan Ahmad Najibullah, niat puasa Syawal boleh dilakukan pada pagi hari sampai waktu Zuhur, asalkan ia belum makan dan minum.

Apabila belum melakukan niat puasa Syawal pada malam harinya, Bunda boleh langsung mengucapkan niat puasa Syawal kemudian melakukan puasa sampai waktu Magrib.

Setelah melakukan niat puasa Syawal, Bunda tidak boleh makan, minum, dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sampai waktu Magrib tiba. Jika telah tiba waktu berbuka, segeralah berbuka, ya, Bunda.

Keutamaan puasa Syawal bagi yang menjalankannya

Dirangkum dari buku Ternyata Shalat & Puasa Sunah Dapat Mempercepat Kesuksesan karya Ceceng Salamudin, anjuran puasa sunah ini juga tercantum dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub Al-Anshari.

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ، - رضى الله عنه - أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ ‏

 

Artinya:

“Abu Ayyub al-Ansari (semoga Allah SWT ridho atasnya) melaporkan Rasulullah SAW berkata, ‘Dia yang berpuasa selama Ramadhan dan melanjutkannya dengan enam hari puasa saat bulan Syawal akan seperti melakukan puasa terus menerus’.” (HR Muslim).

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْر

Artinya:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh.” (HR Muslim).

Nah, itulah bacaan niat puasa Syawal dan keutamaannya yang akan umat Islam dapatkan. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT