moms-life

Biaya Sekolah Anak Makin Naik? Ini Cara Cerdas Kumpulkan Biaya Pendidikan Si Kecil

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Jumat, 19 May 2023 11:57 WIB

Jakarta -

Sebentar lagi memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, Bunda sudah mempersiapkan biaya pendidikan untuk Si Kecil? Tak perlu khawatir, ada beberapa cara cerdas yang bisa Bunda ikuti untuk mengumpulkan biaya sekolah anak, lho.

Ketika memasuki tahun ajaran baru, tentunya banyak biaya yang perlu Bunda keluarkan seperti biaya administrasi sekolah, membeli buku baru, hingga perlengkapan sekolah Si Kecil.

Bukan rahasia umum lagi, biaya akan terus naik seiring dengan berjalannya waktu, Bunda. Hal ini tentunya tidak boleh luput dari perhatian Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Menurut data Badan Pusat Statistika (BPS) setiap tahun ajaran baru akan terjadi kenaikan inflasi dari sektor pendidikan. Sebut saja pada Agustus 2022, inflasi biaya pendidikan tercatat sebanyak 2,38 persen jika dilihat secara tahunan.

Akan tetapi, tidak sedikit pakar keuangan yang menyebut bahwa inflasi biaya uang pangkal di Indonesia bisa mencapai 10-15 persen per tahun. Sementara itu, kenaikan pendapatan seseorang juga belum tentu mencapai 15 persen dalam setahun.

Lantas, bagaimana cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengumpulkan biaya pendidikan Si Kecil? Yuk, simak berikut ini.

1. Hitung biaya uang pangkal saat ini dan di masa depan sesuai jangka waktunya

Melansir dari laman cnbc, Bunda tidak akan pernah tahu berapa angka pasti dari kenaikan biaya pendidikan di masa yang akan datang. Maka dari itu, untuk mempermudah proses perhitungan, tidak ada salahnya untuk menghitung biaya uang pangkal untuk tiap jenjang di tahun ini dan masa depan.

2. Investasi ke beberapa instrumen

Semakin panjang jangka investasi, maka Bunda bisa memilih instrumen keuangan dengan sangat fleksibel, baik itu risiko rendah, moderat, atau tinggi.

Akan tetapi, sangat disarankan bagi Bunda untuk menempatkan dana secara dominan ke instrumen dengan risiko tinggi agar tingkat pengembalian Bunda di jangka panjang juga cukup besar.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

(asa/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT