moms-life

5 Jenis Bentuk Mata dan Riasan yang Cocok agar Makeup Maksimal

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Jumat, 09 Jun 2023 07:30 WIB

Jakarta -

Mata sangat beragam, tersedia dalam berbagai ukuran, warna, dan bentuk. Setiap jenis bentuk mata juga memiliki trik dan tips riasan yang berbeda untuk menyempurnakannya.

Dalam urusan tata rias, kebanyakan orang memilih penampilan dan warna yang paling bagus untuk mereka berdasarkan berbagai faktor.

Apa warna dan jenis kulit yang dimiliki seseorang, seperti apa bentuk wajahnya, dan warna mata apa yang mereka miliki semuanya dapat mempengaruhi riasan apa yang paling cocok untuk mereka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Banner Susah Turun BB Meski Sudah Diet

Akan tetapi, salah satu pertimbangan terpenting untuk penampilan riasan cenderung diabaikan adalah bentuk mata.

Bentuk mata seseorang dapat mempengaruhi tampilan eyeshadow dan eyeliner. Itu juga dapat menentukan bulu mata palsu mana yang paling bagus untuk mata mereka, dan gaya mana yang perlu dihindari.

Bentuk mata dapat mempengaruhi penglihatan Bunda dan menyebabkan kondisi seperti kelopak mata terkulai, atau Ptosis. Jadi, penting untuk mengidentifikasi bentuk mata Bunda, baik dari segi kesehatan maupun estetika.

5 Jenis bentuk mata dan riasan yang cocok

Nah, Bunda ingin tahu apa saja jenis bentuk mata dan riasan seperti apa yang cocok sesuai dengan bentuknya? Yuk, simak berikut ini.

1. Mata bulat

Melansir dari laman byrdie, salah satu ciri utama mata bulat adalah lipatan Bunda akan selalu terlihat jelas. Cara lain untuk menguraikan apakah mata Bunda bulat adalah dengan melihat langsung ke cermin dan memperhatikan apakah Bunda dapat melihat warna putih di bagian atas atau bawah iris mata.

Jika bisa melihatnya, jelas Bunda memiliki mata berbentuk bulan yang terkadang tampak lebih terbuka.

Gunakan warna terang pada kelopak mata bergerak dan warna yang lebih gelap pada lipatan. Cobalah untuk membuat garis lurus pada kelopak mata bagian bawah untuk memecah kebulatan pada mata.

Gambarkan garis tebal dan rentangkan garis lebih jauh dari kelopak mata. Jepit bulu mata dan gunakan mascara pada bulu mata bagian atas dan bawah, terutama di sudut luar.

2. Mata monolid

Jika tidak memiliki banyak atau ada lipatan di mana kelopak mata Bunda bertemu dengan kulit di bawah alis, itu merupakan indikasi yang baik bahwa Bunda memiliki bentuk mata monolid. Dengan bentuk ini, lipatan mata tidak terlihat saat mata terbuka.

Untuk menciptakan ilusi kelopak mata bergerak yang lebih besar, gelapkan sudut dalam dan luar. Gunakan warna yang lebih terang di bagian tengah mata. Gambarlah liner bersayap tebal. Gunakan produk dalam jumlah minimal pada kelopak mata bawah.

Setelah itu, oleskan banyak mascara, terutama pada bagian tengah bulu mata, ya, Bunda.

3. Mata turun

Cara termudah menentukan apakah mata Bunda turun adalah dengan melihat sudut terluarĀ dan melihat apakah itu terangkat atau turun. Jika sudut luar mengarah ke bawah, Bunda tahu bahwa mata Bunda mengarah ke bawah.

Menggunakan penjepit bulu mata pada mata yang turun ke bawah akan memberikan dampak besar pada bentuknya dengan menjaga bulu mata tetap lentik dan tegak.

Untuk menonjolkan bentuk mata yang menurun, ikuti bentuk mata dalam gerakan lurus dengan eyeliner dibandingkan melengkungkannya. Jaga agar eyeliner tetap pada jalurnya.

4. Mata terbalik

Mirip dengan proses menentukan apakah Bunda memiliki mata terbalik atau tidak, uraikan apakah mata terbalik Bunda akan melihat sudut luar untuk melihat apakah mata miring ke atas atau ke bawah. Jika mata miring ke atas, Bunda memiliki mata terbalik.

Bunda bisa menerapkan eyeliner bersayap. Untuk mata terbalik, alis yang terdefinisi dengan baik benar-benar mengatur nada untuk tampilan mata klasik ini. Gunakan liner warna-warni.

5. Mata almond

Jika melihat lipatan yang terlihat saat melihat kelopak mata Bunda dan iris mata menyentuh putih di bagian atas dan bawah, Bunda memiliki mata berbentuk almond. Bunda juga akan melihat pada mata berbentuk almond yang sedikit mengarah ke atas di sudut luar.

Bunda bisa menggunakan warna terang di kelopak mata dan lebih gelap di sudut luar. Gunakan warna medium di kelopak mata bawah dan lebih gelap di sudut luar. Sorot sudut dalam mata dengan warna shimmer yang terang.

Setelah itu, jepit bulu mata dan aplikasikan mascara pada bulu mata bagian atas dan bawah, dengan menekankan bagian tengah.

Nah, itulah beberapa jenis bentuk mata dan tips riasan yang cocok untuknya. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video empat tips mudah mengatasi kulit belang yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT