moms-life

Cerita Mengagumkan Rani Aulia, Solo Traveller yang Sudah Kunjungi 91 Negara di Dunia

Annisa A   |   HaiBunda

Sabtu, 10 Jun 2023 15:45 WIB

Jakarta -

Berkeliling dunia terbilang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, wanita Indonesia yang satu ini berhasil mengunjungi hampir seluruh benua di dunia.

Rani Aulia adalah seorang wanita yang gemar berpetualang sebagai solo traveller. Hingga saat ini, ia sudah mengunjungi 91 negara di dunia.

"Sudah 90 lebih, mungkin 91. Negara yang baru saya kunjungi Uganda," ungkap Rani, dikutip dari kanal YouTube Helmy Yahya Bicara.


Tak hanya puluhan negara, Rani Aulia juga sudah mengunjungi hampir seluruh benua, kecuali Antartika.

"Sudah (seluruh benua), kecuali Arktik itu masih mimpi saya sih. Ngincarnya Kutub Selatan, harusnya kalau menurut tabungan saya tidak ada pandemi bisa sekarang ke sana," ucapnya.

Pandemi COVID-19 yang menghantam seluruh negara di dunia sempat membuat perjalanan Rani terhenti. Namun pada tahun ini, ia kembali melanjutkan perjalanannya berkeliling dunia.

Meski begitu, Rani Aulia masih harus menyimpan mimpinya untuk pergi mengunjungi Antartika. Sebab, tabungannya terkuras habis karena pandemi beberapa waktu lalu.

"Menurut kalender saya, tahun 2023 memang mau ke Amerika Selatan. Bulan depan saya mau ke Brazil, baru eksplor Amerika Selatan tapi enggak sampai ke kutub," kata Rani.

Dalam setahun, biasanya Rani hanya menetap di Indonesia selama dua bulan. Ia lebih banyak menghabiskan waktu untuk pergi berkeliling dunia.

Rani mengatakan, ia terbiasa menetap selama berbulan-bulan di negara yang memang sangat disukai. Salah satunya adalah India, di mana Rani menetap selama 5 bulan.

"Buat saya, India itu negara yang luas, geografi dan iklimnya berbeda. Terus orang Himalaya itu beda banget dengan orang India Selatan," ucapnya.

Saat menghadapi perbedaan bahasa, Rani akan mencari suatu cara agar dapat menyambung komunikasi. Meski tak bisa berbicara dengan bahasa yang sama, ia mencoba menggunakan bahasa tubuhnya.

"Di utara orangnya cenderung diam, enggak terlalu banyak interaksi. Kita harus pintar-pintar biar mereka mau senyum sama kita. Waktu itu saya pakai baju adat mereka yang seperti mantel. Kalau lihat orang asing pakai baju itu, raut wajah mereka langsung berubah, senyumnya lebar, dan kita bisa masuk ke (sirkel) mereka," papar Rani.

"Kita enggak bisa bahasa mereka, tapi dengan body language itu kan membuka hati. Jadi pakai bahasa tubuh saja. Saya sering terlibat acara volunteer di pusat meditasi, saya biasanya masih pakai HP. Tapi kalau di pedalaman, ya pakai bahasa tubuh saja. Yang penting ngerti, kita senyum, mereka balas senyum," imbuhnya.

Salah satu pengalaman yang paling tak terlupakan adalah ketika Rani masuk ke daerah pelosok di Afrika dan menghadapi suku yang sangat asing. Rani juga berbagi tips soal menghemat budget saat travelling. Baca di halaman setelah ini.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video tentang gaya seleb Tanah Air saat liburan:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT