sign up SIGN UP search

nama-bayi

4 Tips Memberi Nama Anak Sesuai Anjuran Islam, Insya Allah Berkah

Zika Zakiya Selasa, 16 Feb 2021 10:48 WIB
A Muslim woman is laying in a hospital bed. She is holding her newborn son on her lap. She is watching over her baby while he sleeps. caption
Jakarta -

Dalam memberi nama bayi atau anak dalam agama Islam ternyata ada anjuran yang diberikan. Tujuannya agar anak yang dilahirkan Ayah dan Bunda menjadi sosok saleh dan salehah.

Kenapa pemberian nama bayi penting? Dikutip dari Buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan: Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam Bagi Ibu Hamil, disebutkan nama adalah harapan kedua orang tuanya. Maka itu harapan harus diterjemahkan dalam nama-nama baik yang sesuai dengan anjuran agama.

Adapun empat anjuran pemberian nama bayi yaitu;

1. Terdiri dari dua suku kata
Nama yang terdiri dari dua suku kata misalnya: Abdullah, Abdurrahman. "Untuk memberikan nama ini, Anda dapat memberikan nama tersebut lalu ditambahi nama Islami lain setelahnya, seperti Abdurrahman Salih," tulis Ana Syafaratin dalam buku tersebut.


2. Memakai Asmaul Husna
Nama terbaik yang disukai Allah SWT, selain nama yang disebutkan di atas adalah nama-nama penghambaan kepada Allah SWT dengan nama-nama yang indah atau Asmaul Husna.

Contoh nama tersebut antara lain; Abdul Azis, Abdul Ghani, Abdul Ghaffar. Sedangkan untuk nama bayi perempuan bisa Bunda sesuaikan dengan nama-nama tersebut ya jadi bisa terkesan feminim dengan makna yang sama baiknya.

Dua tips lain dalam memberi nama bayi sesuai anjuran Islam ada di HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bun.

Banner Melly Goeslaw Sukses DietBanner Melly Goeslaw Sukses Diet/ Foto: Mia Kurnia Sari
Tips untuk Memberi Nama Bayi Sesuai Anjuran Islam
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi