sign up SIGN UP search


nama-bayi

Mommy ASF 'Layangan Putus' Ganti Nama Anak Pertama, Ternyata Buruk Maknanya

Muhayati Faridatun Minggu, 30 May 2021 21:40 WIB
Eca Prasetya alias Mommy ASF bersama anak-anak caption
Jakarta -

Mommy ASF penulis kisah 'Layangan Putus' mengungkap arti nama keempat anaknya, Bunda. Ternyata, nama anak pertama sempat diganti lantaran bermakna tidak baik.

Keempat anak Mommy ASF memiliki nama bernuansa Islami dan terdiri dari tiga kata. Semua nama tersebut jika disingkat menjadi ASF, Bunda. Itulah kenapa wanita yang dikenal dengan nama Eca Prasetya ini dipanggil Mommy ASF.

Sebelum menjabarkan arti nama keempat anaknya, Mommy ASF bercerita tentang pergantian nama anak pertama, Ammar Swara Firdaus. Awalnya, bocah laki-laki yang kini berusia 10 tahun itu diberi nama Damar Swara Firdaus.


"Dulu, saya pingin banget punya anak namanya Damar. Kayaknya, Jawa ganteng banget gitu lho," kata Mommy ASF, saat Intimate Interview HaiBunda via Zoom beberapa waktu lalu.

Hingga suatu hari, saat putranya berusia sekira enam bulan, teman Mommy ASF memberi tahu arti nama Damar dalam Bahasa Arab. Rupanya arti nama tersebut berbeda dengan Bahasa Sansekerta dan Indonesia, Bunda.

"Dikasih tahu kalau di Indonesia ada satu nama artinya bagus, kalau di Bahasa Arab artinya kurang bagus, Dammar, (huruf) mim-nya tasydid (dobel). Itu saya kepikiran. Saya juga nggak pingin kalau nama anak saya artinya binasa gitu," tuturnya.

Waktu itu, Mommy ASF dan suami akhirnya sepakat untuk mengganti nama anak pertama mereka. Karena tidak ingin ada banyak perubahan, diputuskan namanya dari Damar menjadi Ammar. Nama tersebut artinya seseorang yang baik agamanya dan ada sahabat Rasulullah bernama Ammar bin Yasir.

Mommy ASF lalu mengungkap pilihan nama Swara sebagai nama tengah nama anak pertamanya. Ia tak sungkan lho memuji ayah keempat anaknya, yang kini sudah berstatus sebagai mantan suami. Apa makna nama tersebut?

Yuk Bunda tonton penuturan Mommy ASF tentang arti nama keempat anaknya, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi