sign up SIGN UP search


nama-bayi

3 Tujuan Penting Pemberian Nama Bayi Laki-laki Modern dalam Islam

Tim HaiBunda Kamis, 09 Sep 2021 17:22 WIB
Newborn infant baby boy in a little basket caption
Jakarta -

Pemberian nama bayi laki-laki modern secara Islami umumnya telah diatur dalam agama Islam dan merupakan tanggung jawab bagi setiap orang tua, khususnya sosok Ayah. Terlebih lagi nama merupakan sebuah identitas atau tanda pengenal diri bagi anak untuk mempermudah dalam segala aktivitasnya kelak.

Meski demikian, tahukah Bunda mengenai apa sebenarnya tujuan dari pemberian nama bagi Si Kecil? Bagi Bunda yang penasaran, bisa menyimak informasi lebih detailnya di bawah ini.

Apa saja tujuan memberikan nama bayi laki laki modern Islam?


Sri Mulyani dengan CucuSri Mulyani dengan Cucu/ Foto: Mia Kurnia Sari

Memberikan sebuah nama kepada Si Kecil umumnya menjadi sebuah doa/harapan tersendiri bagi para orang tua untuk kehidupan anak di masa depannya nanti. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari adanya tujuan dari pemberian nama tersebut, bukan?

Adapun berbagai tujuan dari pemberian nama anak di antaranya yakni sebagai berikut:

 Dapat memenuhi kewajiban secara alami
Secara umum, pemberian nama bagi Si Kecil penting dilakukan untuk memudahkan dalam hal identifikasi dan pembeda dari satu orang dengan orang lain. Dengan adanya nama yang diberikan kepada Si Kecil, maka orang tua dikatakan telah memenuhi kewajiban secara alami yang nantinya akan menentukan jati diri si anak kelak.

 Sebagai hal penting dalam mentaati perintah agama Islam
Tak hanya bertujuan untuk memenuhi kewajiban alami, para orang tua yang memberikan nama bagi Si Kecil, juga dikatakan telah memenuhi perintah agama. Hal ini lantaran menamai anak untuk mentaati perintah agama kelak akan menjadi doa dan harapan besar bagi para orang tua untuk kehidupan anak di dunia maupun di akhirat.

 Mampu mendidik anak secara Islami
Pemberian nama bayi laki-laki modern secara Islami juga memiliki tujuan penting dalam hal mendidik anak di kehidupannya. Sebab dengan adanya nama yang diberikan, maka para Ayah dan Bunda dapat mendidik Si Kecil untuk selalu berbuah baik di kehidupannya kelak sesuai dengan makna yang terkandung dalam nama yang diberikannya.

Daftar nama bayi laki-laki modern dan artinya bisa jadi inspirasi orang tua

Setelah mengetahui berbagai tujuan pentingnya pemberian nama di atas, kini saatnya bagi Bunda untuk memilih berbagai nama modern Islami beserta artinya bagi anak laki-lakinya di bawah ini.

 Arya : sosok laki-laki bangsawan
 Bilfaqih : anak yang mampu mengerti ilmu fiqih
 Carim : dermawan dan murah hati
 Dzaki : pintar dan cerdas
 Emran : sukses
 Farrel : pemberani
 Ghani : kaya
 Hisyam : kemurahan
 Ikram : hormat
 Jauhar : permata
 Kareem : pemurah
 Lutfan : lemah lembut
 Mudzaffar : menang dan unggul
 Najwan : menang
 Omar : jaya, kejayaan

Jadi, itulah beberapa pilihan nama bayi laki-laki modern Islami yang bisa Bunda jadikan inspirasi untuk memberikan nama anak dengan makna yang indah. (PK)

Simak juga video berikut mengenai 30 nama bayi laki-laki dengan makna luar biasa.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!