sign up SIGN UP search


nama-bayi

4 Ketentuan Memberi Nama Bayi Laki-Laki Modern agar Tepat Makna

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 10 Jan 2022 09:30 WIB
ilustrasi nama bayi laki-laki Ilustrasi nama bayi laki-laki modern/Foto: iStock
Jakarta -

Kelahiran bayi laki-laki merupakan salah satu hal yang pastinya dinanti oleh kedua orang tua. Menghadapi kelahiran anak tentunya perlu persiapan, mulai sejak dalam kandungan hingga kelak ia terlahir ke dunia. Termasuk juga nama yang merupakan identitas yang akan digunakan oleh Si Kecil nantinya di sepanjang hidup.

Selain menjadi identitas, nama nantinya akan dijadikan sebagai doa dan harapan bagi Bunda selaku orang tua kepada Si Kecil agar tumbuh dewasa sebagai pribadi yang baik, sukses, dan berakhlak.

Beberapa ketentuan di bawah ini bisa Bunda gunakan sebagai panduan dalam memberikan nama kepada bayi laki-laki, yaitu:


Blak-Blakan Mommy ASF Layangan PutusBlak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus/ Foto: HaiBunda/Mia


1. Waktu pemberian nama

Usahakan langsung memberikan nama setelah Bunda lahir. Disarankan jangan terlalu lama dan sebaiknya paling lama dalam jangka waktu tiga hari setelah kelahiran.

2. Pilih nama terbaik dengan arti yang baik

Nama sebagai doa maka alangkah lebih baik jika Bunda memberikan nama dengan arti dan makna terbaik agar kelak Si Kecil tumbuh sebagaimana doa yang tersemat di namanya.

3. Melakukan survei nama sebelumnya

Pemilihan nama sebenarnya bebas sesuai keinginan Bunda. Akan tetapi lebih baik Bunda sudah lebih dulu mencari dan mengetahui kandungan makna dari nama tersebut. Nama bayi laki-laki modern misalnya yang sedang tren yang perlu Bunda ketahui esensi atau makna tersebut.

Contoh nama bayi laki-laki modern misalnya, Virendra Ghifari yang artinya jika dijabarkan sebagai berikut: Virendra artinya laki-laki yang mulia dan pemberani. Kemudian Ghifari (berhati lembut dan pemaaf) jika disatukan maka maknanya akan menjadi laki-laki mulia dan pemberani yang berhati lembut.

Contoh nama bayi laki-laki modern lainnya adalah Abqary Parvez. Di mana arti dari Abqary adalah pintar dan cerdas sedangkan Parvez sendiri memiliki arti kesuksesan. Jika digabungkan maka arti nama ini adalah sebagai seorang yang pintar, cerdas, dan memiliki kesuksesan.

4. Pilihlah nama yang mudah dilafalkan & miliki arti seimbang

Sering kali nama yang sulit dilafalkan malah akan melahirkan panggilan nama yang jauh dari nama aslinya. Maka sangat penting memberikan nama yang mudah dilafalkan saat memberi nama bayi laki-laki modern ya, Bun.

Kemudian pastikan arti dari mana yang seimbang. Seperti nama yang sudah disebutkan beberapa di atas, jangan sampai Bunda terlalu bersemangat sehingga salah kaprah dalam pemberian nama. Tujuannya agar doa yang Bunda kirimkan lewat nama, akan tersalurkan sesuai kepribadiannya.

Itulah beberapa ketentuan yang dapat Bunda jadikan bahan pertimbangan untuk pemberian nama kepada Si Kecil. Dengan nama bayi laki-laki modern yang berlandaskan ketentuan di atas, maka mudah-mudahan doa Bunda kepadanya tepat tersampaikan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai nama bayi laki-laki yang bertepatan dengan Maulid Nabi.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!