sign up SIGN UP search


nama-bayi

Kisah Bayi di Tuban Sulit Buat Akta Kelahiran karena Nama Panjang 19 Kata

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Oct 2021 10:38 WIB
Ilustrasi kaki bayi caption
Jakarta -

Nama adalah doa. Ungkapan inilah yang digunakan Arif Akbar (29) dan Suci Nur Aisyiah (26) ketika menentukan nama putranya yang lahir pada 6 Januari 2019 lalu.

Suami istri di Tuban, Jawa Timur, ini sepakat untuk memberikan nama bayi terbaik untuk buah hatinya. Mereka berharap sang putra bisa tumbuh menjadi orang yang berpikir luas dan penuh kasih.

Tapi siapa sangka bila keduanya memilih nama yang begitu panjang untuk anaknya, Bunda. Arif dan Suci sepakat menamai anak laki-lakinya Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta.


Bayi yang hampir berusia 3 tahun itu lahir dengan berat 3,5 kilogram (kg). Dalam kesehariannya, dia lebih sering dipanggil Cordo, Bunda.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk IstriFoto: HaiBunda/Mia

Arif mengatakan bahwa nama anak laki-lakinya itu terdiri dari 19 kata atau 115 huruf. Pemilihan nama merupakan hasil diskusi bersama pamannya, Mujoko Zahid, yakni seorang budayawan asal Bumi Ronggolawe Tuban.

"Harapan kami semoga anak itu kelak berpenalaran landung selandung namanya dan menjadi inspirasi peradaban umat manusia," ujar Arif.

Arif berharap anak keduanya itu bisa menjadi tokoh yang mendunia. Sebab, namanya panjangnya itu berhubungan dengan sejarah nama Kota Teladan Islam.

"Maknanya anak itu kelak menjadi tokoh dunia yang mendunia. Menjadi diri yang tidak berpikir lokal, sempit atau primordial. Tetapi mempunyai wawasan global sekaligus memiliki karsa dan power untuk merealisasikan wawasan besarnya. Kuat namun berjiwa lembut yang welas asih (penuh kasih)," katanya.

Nama panjang Cordo memang memiliki arti mendalam bagi Arif dan istri. Sayangnya, hal ini justru mempersulit pasangan itu untuk membuat akta kelahiran sang putra.

Arif mengaku sudah beberapa kali ke kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tuban untuk mengurus akta kelahiran. Namun, hingga kini putranya itu masih belum memiliki akta kelahiran. Padahal, Cordo sudah cukup besar untuk memiliki akta kelahiran.

Menurut Arif, putranya sulit mendapatkan akta kelahiran karena nama panjangnya. Ada batasan karakter nama untuk mengurus akta di Dukcapil.

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 50 nama bayi laki-laki terinspirasi dari tokoh ternama, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/fir)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!