nutrisi

Camilan Bergizi Juga Jadi Kunci Kesehatan Gigi Anak

Asri Ediyati 06 Sep 2017
Ilustrasi gigi anak/Foto: thinkstock Ilustrasi gigi anak/Foto: thinkstock
Jakarta - Namanya anak-anak, wajar kalau mereka suka ngemil alias makan camilan ya, Bun. Nah, Bunda tahu nggak nih kalau camilan yang dimakan si kecil ikut menentukan kesehatan gigi mereka lho.

Menurut Nielsen Global Snacking Survey pada tahun 2014, ada indikasi peningkatan konsumsi camilan di negara Asia Pasifik seperti Indonesia sebesar 4 persen tiap tahunnya. Terus, 65 persen camilan dibeli spontan sama anak karena dia mau mencoba camilan baru. Hmm, bosan ya Nak sama camilan yang itu-itu aja?

Baca juga: Keluhan Saat Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Kata pakar gizi keluarga, Leona Victoria Djajadi MND, kehadiran ragam jajanan yang menarik dan gampang didapatkan bisa mendorong anak mengonsumsi camilan melebihi porsi yang dianjurkan.

"Camilan bergizi seimbang dan sehat idealnya dikonsumsi 2-3 kali sehari di antara makan utama agar pola makan terjaga dan kadar gula darah seimbang. Hal ini tentunya tetap aman bagi kesehatan gigi," papar Victoria dalam acara Media Briefing Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017 yang digelar Pepsodent di Plataran Menteng, Jakarta, baru-baru ini.

Nah, untuk menyikapi keinginan anak akan camilan yang beragam, Victoria menyarankan orang tua menyiasatinya dengan menyediakan jenis camilan yang beragam tapi sehat, dengan gizi seimbang tentunya. Kayak apa sih camilan yang sehat?

Victoria bilang, camilan sehat yang dianjurkan adalah camilan tinggi serat dan mengandung kalsium, protein dan rendah gula. Kenapa harus berserat? drg Ratu Mirah Afifah GCClindent MDSc atau biasa dipanggil drg Mirah bilang serat dapat merangsang kelenjar ludah yang dapat menetralisir keasaman mulut.

"Rongga mulut yang asam akan menyebabkan gigi rentan berlubang. Kemudian kenapa harus mengandung kalsium dan fosfat? Karena keduanya mampu mengembalikan mineral gigi yang hilang. Terus yang terakhir, kenapa harus rendah gula? Karena gula sendiri dapat menurunkan kadar pH secara drastis, dan dapat membuat gigi berlubang," kata drg Mirah.

Baca juga: Gigi Anak Bergemeretak Saat Tidur, Kenapa Ya?

Kata Victoria, kita harus kreatif dan pintar memadupadankan makanan dan camilan anak. Selain supaya anak nggak bosan, gigi anak pun bisa terjaga kesehatannya dan nggak berlubang.

"Membuat smoothie buah yang sehat, sandwich yang tampilannya menarik anak bisa dicoba si rumah. Untuk menghindari anak jajan sembarangan, kita juga perlu kreatif dalam membuat bekal makanan anak ke sekolah," tutup Victoria. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi