nutrisi

Anak Doyan Makan Kimchi? Ini Manfaat yang Bisa Didapat

Asri Ediyati 23 Nov 2017
Ilustrasi kimchi/ Foto: iStock Ilustrasi kimchi/ Foto: iStock
Jakarta - Sebagian besar bunda dan ayah pasti tahu yang namanya kimchi. Itu lho Bun, makanan fermentasi khas Korea Selatan yang berbahan dasar sawi putih. Nah, tanggal 22 November adalah hari kimchi, lho.

Meskipun terlihat tak menarik dibanding makanan lain, tapi kimchi punya sederet manfaat bagi kesehatan anak nih, Bun. Jadi, kalau si kecil kebetulan doyan makan kimchi, berikut ini manfaat kimchi untuk kesehatan anak seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber:

1. Menambah Imunitas Anak

Memasuki musim pancaroba seperti ini, flu pun rentan dialami anak. Seperti kita tahu, flu nggak mudah menyerang anak kalau imunitasnya bagus. Nah, menurut Sarah Vetter, coach gizi kesehatan dari Natural Grocers, Greeley, makanan fermentasi seperti kimchi, yoghurt dan kefir bisa menaikkan imunitas tubuh anak agar terhindar dari flu dan demam. Hal ini karena makanan fermentasi mengandung bakteri yang menguntungkan tubuh.



2. Melatih Pengecap Lidah Anak

Dilansir Star Tribune, sekolah dasar di Minneapolis, AS menggelar acara 'Taste Test' di kantinnya setahun tiga kali. Salah satu makanan yang disediakan di acara ini adalah kimchi, Bun. Hal ini bertujuan untuk mendorong anak-anak melatih pengecap lidah mereka sekaligus mengenalkan makanan khas masing-masing negara di dunia ke mereka.

3. Menyeimbangkan Hormon Anak

Kata praktisi gizi dari Toronto, Joanna Biafore, makanan fermentasi seperti kimchi kaya akan antioksidan, prebiotik dan probiotik. Ketiganya sangat membantu melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan. Nah, kita tahu bahwa sistem pencernaan adalah basis dari metabolisme. Kalau metabolisme lancar, hormon pun seimbang dan kadarnya nggak fluktuatif.

4. Menurunkan Risiko Kanker Usus, Obesitas dan Diabetes

Sekitar 100 triliun mikroorganisme hidup di pencernaan kita. Banyak banget ya, Bun. Tentunya, mereka memiliki peran yang besar karena bisa memengaruhi metabolisme dan sistem imun. Tapi ingat, mikroorganisme ini juga bisa berperan dalam pertumbuhan sel kanker, penyebab obesitas maupun diabetes.

Menurut Kristin Kirkpatrick, dietitian dari Cleveland, bakteri yang berperan dalam kanker, obesitas maupun diabetes adalah bakteri yang merugikan. Untuk itu, anak perlu sekali-kali mengonsumsi makanan fermentasi seperti kimchi yang merupakan sumber bakteri menguntungkan. Soalnya, bakteri menguntungkan bisa merombak gula dan lemak dengan baik.



5. Memperbaiki Mood Anak

Percaya nggak percaya nih Bun, kata Joanna, makanan fermentasi berdampak baik pada anak kliennya, salah satunya mood si anak bisa membaik. Hal ini karena ia nggak gampang sakit, rajin masuk sekolah dan berprestasi. Gimana Bun? Oke banget kan manfaat yang bisa didapat anak ketika mereka makan kimchi.

Tapi, karena kimchi merupakan makanan yang difermentasi, hati-hati juga kalau si kecil punya masalah pada pencernaannya ya. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi