nutrisi

Resep Nasi Goreng Cumi Bakar, Sarapan Lezat dari Boga Laut

Zika Zakiya 19 Sep 2018
Resep Nasi Goreng Cumi Bakar, Sarapan Lezat dari Boga Laut/ Foto: Modern Moms Trans7 Resep Nasi Goreng Cumi Bakar, Sarapan Lezat dari Boga Laut/ Foto: Modern Moms Trans7
Jakarta - Resep nasi goreng biasanya disajikan untuk menu makan di pagi hari. Tapi kali ini Bunda bisa menyajikan menu nasi goreng dengan paduan boga laut yaitu cumi bakar. Hmm, lezat kan, Bun?

Cumi diketahui mengandung kalori dan lemak dalam jumlah yang cukup untuk tubuh di pagi hari. Dilansir detikFood, cumi mengandung 75 kkal, 16.1 gr protein, dan 0.7 gr lemak. Jika digoreng, nilai gizinya menjadi 265 kkal, 40.6 gr protein, dan 10.1 gr lemak.

Untuk Bunda yang mencari inspirasi menu sarapan, resep nasi goreng cumi bakar ini layak banget dicoba. Yuk simak bahan dan cara membuatanya. Ssst, jangan bilang si kecil dan si ayah ya. Jadikan ini kejutan di pagi hari.

Bahan:
2 ekor cumi ukuran besar
400 gr nasi putih
2 siung bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
1/2 siung bawang bombay, iris
3 buah bakso ikan, potong-potong
1 batang daun bawang, iris
5 sdm kecap manis
1 buah cabai merah, iris halus
Garam secukupnya
Tusuk gigi

Cara membuat:
1. Buat nasi goreng dengan cara tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay sampai harum. Masukkan bakso ikan, cabai merah, dan nasi. Tambahkan kecap manis. Masukkan daun bawang.

2. Setelah nasi goreng matang masukkan ke dalam cumi. Pepatkan.

3. Tutup bagian tubuh cumi yang terbuka dengan tusuk gigi lalu baluri dengan kecap manis.

4. Bakar cumi yang sudah diolesi kecap di pemanggang. Tunggu hingga warnanya coklat keemasan. Jangan lupa dibolak-balik ya Bunda.

5. Angkat dan sajikan. Agar lebih mudah dimakan, Bunda juga bisa memotong cumi berisi nasi goreng ini jadi beberapa bagian.

Bunda yang mau lihat secara lengkap cara pembuatannya, bisa intip langsung video dari program Modern Moms Trans7 berikut ini:

[Gambas:Video 20detik] (ziz/rdn)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi