nutrisi

Kandungan Gizi Ikan Lemuru yang Sedap Disantap Menteri Susi

Zika Zakiya Minggu, 14 Okt 2018 - 16.00 WIB
Menteri Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna Menteri Susi Pudjiastuti/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Susi Pudjiastuti kembali mengenalkan arti penting gizi ikan laut nih, Bunda. Kali ini ikan yang ia perkenalkan pada kita adalah ikan lemuru.

Cara pengenalan ikan bernama Latin Sardinella lemuru itu dilakukan Menteri Susi via akun Instagramnya. Dalam video berdurasi satu menit itu, Menteri Susi menjelaskan sumber asal ikan dan manfaatnya.

[Gambas:Instagram]

"Pagi ini saya sarapan dengan ikan lemuru yang saya dapat dari Pengambengan, Jembrana. Saya mengunjungi pasar ikan. Ikannya banyak sekali, ada tongkol, ada lemuru, harganya juga sudah murah. Luar biasa gizinya," kata Susi yang makan sambil mengangkat satu kaki ala makan di warteg.


"Lemaknya banyak, enaknya juga bukan main. Saya paling suka kalau di sup pedas asam-asam. Digoreng juga enak sekali tetapi saya cenderung lebih suka yang di sup karena lebih sehat," tambah perempuan kelahiran 15 Januari 1965 itu.

Menteri SusiMenteri Susi Foto: Istimewa

Kandungan gizi yang disebut Menteri Susi benar adanya, Bunda. Dalam jurnal ilmiah yang ditulis Mahrus, Sutiman Bambag Sumitro, Nashi Widodo, dan Aida Sartimbul, berjudul The Association between Genetic Variations and Omega-3 Production on Sardinella lemuru in Lombok Strait, diketahui bahwa ikan lemuru mengandung omega-3 yang tinggi. Omega-3 diketahui bisa mencegah penyakit jantung koroner, diabetes, kanker, dan penyakit saraf. Ikan ini biasa ditemui di Samudera Hindia sekitar Jawa Timur, Bali, dan Lombok.



Nah, bagaimana Bunda? Siap menjajal ikan lemuru untuk menu makan hari ini?

[Gambas:Video 20detik] (ziz/nwy)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi