nutrisi

3 Ikan Pengganti Salmon untuk Menu MPASI, Sama Sehat dan Terjangkau

Zika Zakiya 23 Sep 2018
Ilustrasi menu salmon/Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi menu salmon/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Bicara soal menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), biasanya Bunda hampir selalu menemui ikan salmon di dalamnya. Salmon direkomendasikan jadi menuMPASI karena didaulat sebagai makanan tersehat di dunia lho,Bun.

Salmon mengandung omega-3, protein, dan asam amino yang tinggi. Bahkan dilansir whfoods, beberapa studi menyebut salmon mengandung molekul protein bioaktif yang disebut bioaktif peptida. Ini berfungsi sebagai penyokong tulang rawan, menjaga efektivitas insulin, dan mengontrol peradangan di saluran pencernaan.

Nah, cukup tingginya kandungan bioaktif peptida pada salmon bikin harga ikan ini cukup menguras kantong. Jika Bunda mau menghemat namun tetap memberi ikan yang kaya gizi untuk anak, tiga ikan pengganti ini bisa dipilih:

1. Ikan Lele

Ilustrasi lele untuk menu mpasiIlustrasi lele untuk menu mpasi Foto: thinkstock


Lele diketahui mengandung omega-3 yang menjaga fungsi jantung dengan menurunkan kadar trigliserida. Dikutip dari detikHealth, lele juga bisa menurunkan risiko kanker dan radang sendi. Dalam 3 ons lele terkandung 0,22 hingga 0,3 gram asam lemak omega-3. Tentunya manfaat ini bisa diperoleh maksimal bila lele tidak dimasak terlalu matang, memakai banyak minyak, gula, dan garam.

2. Belut

3 Ikan Pengganti Salmon untuk Menu MPASI, Sama Sehat dan TerjangkauFoto: thinkstock


Dilansir situs khusus makanan Jepang, pogipogi ada kandungan 46 persen vitamin B12 dalam setiap 85 gram belut. Dalam jumlah yang sama juga ada 60 persen vitamin A, 17 persen Vitamin E, dan 15 persen niacin.

3. Tuna

3 Ikan Pengganti Salmon untuk Menu MPASI, Sama Sehat dan TerjangkauFoto: Instagram


Sama seperti salmon, tuna juga didaulat sebagai salah satu makanan tersehat di dunia. Seperti dilansir whfoods, ada 147 kalori dalam setiap 113 gram tuna. Tuna juga mengandung vitamin B3, vitamin B12, Vitamin B6, Vitamin D, dan protein.

(ziz/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi