parenting

Ini Lho Sebabnya Anak Sering Menanyakan Hal yang Sama

Jumat, 11 Aug 2017 15:06 WIB
Ini Lho Sebabnya Anak Sering Menanyakan Hal yang Sama
Jakarta - Ketika anak udah mulai bisa ngobrol dan ingin tahu ini itu, salah satu hal yang biasanya dilakukan adalah bertanya ke orang di dekatnya. Tapi, pertanyaannya diulang-ulang bahkan kita, orang dewasa yang menjawabnya kadang bosan dibuatnya.

Tenang, Bun. Hal itu normal kok dilakukan anak-anak. Sebab, menurut Leon Hoffman MD, co-director Pacella Parent Child Center di New York Psychoanalytic Society & Institute, kalau anak nanya terus dengan pertanyaan yang sama itu ada alasannya. Pertama, anak sering bertanya itu karena ingin belajar kosakata.

Apalagi kalau anak umurnya 1 dan 2 tahun, mereka udah bisa mulai bicara kan. Nah, di masa-masa itu, biasanya anak sering menanyakan hal yang sama berulang kali. Tujuannya, mereka ingin mengerti arti dari setiap kata yang mereka dan kita ucapkan. Apa lagi sih alasan anak nanya terus?


Anak nanya terus, kata Hoffman juga bisa berarti dia lagi membangun daya ingat. Apalagi, buat anak mereka kadang butuh waktu sedikit lebih banyak untuk mencerna informasi baru.

"Kalau kita senantiasa memberikan jawaban saat mereka menanyakan hal yang sama terus menerus, kita dapat membantu anak mengingat hal-hal baru yang ia lihat atau rasakan," terang Hoffman, dikutip dari Parenting.

Kata Hoffman, saat kita menjawab terus pertanyaan yang sama, anak akan menemukan kenyamanan. Selain itu, anak yang terus mengulang pertanyaan itu juga meminta dukungan emosional dari kita untuk diperhatikan. Lalu Hoffman menyarankan agar kita sebagai orang tua untuk meluangkan waktu menjawab pertanyaan dari anak.

Jika mereka meminta alasan, kita harus memberikan alasan yang jelas. Tentunya, jangan pernah bosan kalau bolak-balik ditanya oleh anak. Sementara, kata dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA MARS atau biasa dipanggil dr Tiwi, anak umur 1 tahun umumnya sudah bisa paham 70 kosakata. Untuk anak umur 2 tahun, dia bisa paham 1 kata dalam waktu 2 jam.

"Semua anak itu pada dasarnya cerdas. Hanya saja terkadang pola asuh yang salah bisa menghambat anak untuk berkembang dengan optimal," kata dr Tiwi. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi