sign up SIGN UP search

parenting

Duh! Si Kecil Giginya Kuning, Apa Ya Penyebabnya?

Joko Supriyanto   |   Haibunda Senin, 14 Aug 2017 15:57 WIB
Gigi kuning juga bisa terjadi pada anak. Apa sebabnya ya? caption
Jakarta - Ketika berbicara mengenai gigi, banyak sekali yang dapat kita bahas. Karena selain fungsinya untuk mengunyah, gigi juga menjadi salah satu hal yang dapat memperindah wajah ketika kita tersenyum dan berbicara.

Masalah yang dialami oleh gigi nggak cuma gigi berlubang lho, tapi juga gigi kuning. Kalau gigi udah kuning gini pasti nggak percaya diri deh mau senyum atau berbicara dengan orang.

Kuningnya gigi nggak cuma dialami oleh orang dewasa aja, Bun. Gigi kuning juga bisa dialami oleh si kecil. Meski si kecil belum paham yang namanya percaya diri dengan giginya, tapi kalau sejak kecil giginya kuning, kadang bundanya yang malu duluan.


Baca Juga: Ini Lho Bun Penyebab Gigi Gigis pada Anak

"Gigi anak bisa kuning karena adanya plak atau pun debris yang menempel di permukaan gigi. Penyebabnya karena sikat gigi yang tidak bersih," kata drg Ayu Achari berpraktik di RSPI- Puri Indah dan RS Muhammadiyah Taman Puring, kepada HaiBunda.

Selain itu, gigi kuning juga disebabkan oleh kurang bersihnya menyikat gigi, kebiasaan minum teh dan makan makanan seperti kari. Tapi sebenarnya semua itu tidak akan jadi masalah asalkan rutin membersihkan gigi 2 kali sehari saat pagi sesudah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

"Obat-obatan seperti tetrasiklin, obat kumur chlorhexidine dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Jadi, secara umum perubahan warna gigi dapat disebabkan oleh faktor dari luar, contohnya makanan, minuman, obat-obatan yang dikonsumsi sehari-hari seperti vitamin, serta obat kumur," jelas drg Ayu.

Baca juga: Memutihkan Gigi dengan Buah-buahan (jos)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!