parenting

Teater, Pilihan Hiburan yang Bisa Dikenalkan ke Anak

Amelia Sewaka Kamis, 07 Sep 2017 08:00 WIB
Teater, Pilihan Hiburan yang Bisa Dikenalkan ke Anak
Jakarta - Dengan hadirnya gadget, kadang membuat anak sampai lupa makan dan main di luar. Hmm apa ya hiburan di luar rumah yang bisa diberikan ke anak supaya dia nggak bosan?

Gimana kalau coba ajak si kecil nonton teater, Bun? Mungkin buat kita nonton seni peran begini memang nggak asing ya, namun buat anak-anak bisa jadi ini merupakan hal baru. Soalnya sekarang ini anak-anak jarang banget tahu soal teater atau operet dan seni peran.

"Bagaimana seni dan anak-anak bergabung menjadi kesatuan yang harmoni di mana dengan seni kehidupan anak-anak kita akan indah. Karena jika sudah bicara seni berarti kita bicarakan keindahan atau suatu kecintaan," ujar Happy Farida Djarot, Ketua Penggerak PKK DKI Jakarta, dalam pidato pembukaan di konferensi pers operet "Aku Anak Rusun, Ada Gulali di Hatiku", di Rusunawa Pulogebang, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (6/9/2017).


Baca juga: Cuma Pakai Kertas, Kita Bisa Asah Kreativitas Anak, Lho

Menurut Happy, semua anak berhak untuk menyalurkan bakatnya dalam bidang seni di manapun mereka berada, termasuk jika anak tinggal di rusun atau rumah susun. Karena Jakarta merupakan miniatur Indonesia, di mana keragaman dalam semua hal berada dalam kota ini, sehingga dengan adanya keberagaman ini anak juga bisa belajar untuk saling menghargai. Nah, sarana belajar ini bisa menggunakan seni peran.

"Karena itu, mari kita orang tua dampingi anak-anak kita untuk mengarahkan mereka akan bakatnya sehingga mereka pun mampu berprestasi. Di manapun anak itu berada, baik lingkungan rumah, termasuk rusun sekalipun masih bisa berkarya kok dan tidak ada batasan untuk anak-anak dalam mencari bakatnya," sambung Happy.

"Jika bicara anak-anak rusun, toh dalam teater juga sebenarnya ada perpaduan antara anak dan dalam mengasuh bakatnya, juga melihat keragaman yang berada pada teman-teman satu panggungnya kan. Kalau saja anak rusun mampu kenapa anak lain tidak?" lanjut Happy.

Penelitian yang dipublikasikan di Education Next juga mengatakan ada dampak pada siswa yang menghadiri teater seperti Hamlet atau A Christmas Carol. Para periset menemukan bahwa anak-anak yang melihat produksi yang dihasilkan teater menghasilkan pengetahuan yang lebih baik tentang plot, peningkatan kosakata, toleransi yang lebih besar dan kemampuan yang lebih baik untuk membaca emosi orang lain. Demikian dikutip dari sciencedaily.com.

Baca juga: Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi si Kecil

"Apa yang kami tekankan dari penelitian ini bahwa menonton teater secara langsung dapat menghasilkan efek positif yang bisa dimainkan dibanding membaca ataupun menonton film," kata Jay Greene, profesor reformasi pendidikan.

"Dimainkan yang dimaksudkan di sini adalah dimainkan secara pentas langsung oleh anak. Kita tidak selalu bisa mengajak anak untuk bermain peran, tapi jika anak ingin pastikan dukung mereka. Mungkin dalam film suatu cerita bisa dapat disampaikan, tapi jika cerita tersebut dimainkan dalam suatu seni teater mungkin akan lebih melibatkan emosi penonton," sambung Jay.

Dikutip huffingtonpost.com, Bill English dari San Francisco SF Playhouse Theater mengatakan, "Teater seperti tempat gym untuk empati. Di sinilah kita bisa membangun otot-otot kasih sayang, berlatih mendengarkan dan memahami, juga terlibat dengan orang-orang yang tidak seperti diri kita sendiri. Kami berlatih duduk, memperhatikan dan belajar dari tindakan orang lain serta mempraktikkan kepedulian dengan yang lain," ungkap Bill.

Baca juga: Asyiknya Liburan Anak Seleb Bersama Keluarga, Mana Paling Seru?

Banyak banget yang bisa kita petik dari suatu pementasan teater atau operet ini, Bun. Selain bisa memupuk percaya diri anak, di teater juga sering kali dimasukkan unsur tarian dan nyanyian tradisional, maupun lagu anak-anak. Karena itu anak-anak kita juga makin mengenal budaya, kultur dan lagu daerah atau lagu-lagu anak.

Nah, bagi bunda yang jadi ingin nonton teater bareng si kecil, HaiBunda punya infonya nih, salah satunya di tanggal 21 September nanti akan ada operet aku anak rusun dengan judul "Ada Gulali di Hatiku". Juga ada performance spesial nih Bun dari idola cilik dan Naura, serta pianis tuna netra Fira Christiano. Tempatnya di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 17.00 WIB.

Apakah Bunda punya info soal jadwal pementasan teater di tempat lain? Boleh lho share di kolom komentar supaya bunda-bunda yang lain tahu.

(aml)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi