parenting

Ini Alasannya Jepang Bisa Jadi Tujuan Liburan Oke Bareng Bayi

Nurvita Indarini Minggu, 17 Sep 2017 06:59 WIB
Ini Alasannya Jepang Bisa Jadi Tujuan Liburan Oke Bareng Bayi
Jakarta - Jika Bunda sedang merencanakan liburan ke luar negeri bareng si kecil yang masih bayi, mungkin salah satu negara yang dipertimbangkan dikunjungi adalah Jepang. Kenapa Jepang?

Soalnya Jepang cukup ramah pada bayi-bayi. Gimana nggak, di berbagai tempat di negara ini disediakan meja ganti popok buat bayi. Bahkan nih, di beberapa toilet laki-laki juga ada meja ganti popoknya lho. Hmm, ayah bisa banget nih bantuin bunda.

Nggak cuma itu, di beberapa nursery room ada popok dan microwave gratis. Jadi kita bisa menghangatkan makanan pendamping ASI di nursery room sekalian mengganti popok si kecil. Anak kenyang, ayah dan bundanya pun senang.


Baca juga: Destinasi Favorit Saat Liburan ke Korea Selatan Bareng Anak

Selain itu di beberapa department store besar, ada yang meminjamkan stroller bagi pengunjung yang bawa bayi. Bahkan banyak yang menyediakan lift khusus untuk orang-orang dengan disabilitas, hamil, atau yang membawa anak-anak.

Dalam blog-nya, thewishfulnals.com, seorang ibu asal Boston, Amerika Serika, bernama Natalie menyampaikan pengalamannya traveling bersama suami dan bayinya. Kata dia saat jalan-jalan ke Tokyo dan Kyoto, banyak orang yang membawa bayi. Kalau diperhatikan dengan seksama, bahkan ada banyak bayi yang 'disembunyikan' orang tuanya di bawah mantel musim dinginnya.

Natalie bilang, saat anaknya rewel juga nggak ada yang terganggu. Orang-orang di Jepang pun ramah-ramah karena suka menyapa dan tersenyum pada bayinya. Bayi-bayi para turis sepertinya jadi selebriti kecil di sini.

Untuk memudahkan membawa si kecil jalan-jalan, Natalie membawa stroller yang kecil dan ringan. Jadi meskipun di Tokyo ada banyak tangga, dirinya dan sang suami nggak kesulitan membawa stroller-nya. Selain itu Natalie juga mengingatkan beberapa restoran cukup ketat dengan tidak mengizinkan stroller masuk ke dalamnya. Tapi kalau strollernya bisa dilipat, tentu bukan masalah besar dong.

Tapi kita juga harus ingat nih, Bun, kalau misalnya perjalanan kita sedang banyak menggunakan kereta, sehingga harus ganti-ganti kereta, baiknya gunakan baby sling saja. Soalnya ada beberapa tempat yang dirasa 'kurang ramah' bagi stroller, misalnya di Ginkaku-ji, Kyoto.

Baca juga: Tips Agar Anak Nggak Tantrum Saat Diajak Jalan-jalan ke Mal

Hal lainnya yang membuat Jepang layak dikunjungi bersama si kecil adalah karena semuanya sangat bersih. Jalanan begitu bersih meski tidak banyak tempat sampah yang disediakan. Karena itu ada baiknya kita membawa kantong plastik untuk menaruh sampah dan buang seketika saat kita menemukan tong sampah.

Oh iya, kamar hotel di Jepang cenderung kecil dan mahal, soalnya mereka menghitungnya bukan per kamar, tapi per kepala yang tinggal di kamar. Tempat tidur portabel untuk bayi juga harus dipesan lebih dulu.

Jika Bunda dan ayah berminat mengajak si kecil jalan-jalan ke Jepang, jangan lewatkan penawaran menariknya di Mega Travel Fair 2017, pameran wisata dari Bank Mega dan Antavaya ya. Tanggal 14-17 September 2017 ini Mega Travel fair tengah digelar di dua kota yakni Bali dan Samarinda, Kalimantan Timur. Tepatnya di Discovery Shopping Mall, Bali dan Big Mall, Samarinda.

Ada banyak promo tiket pesawat dan paket tour lho. Harga tiket pesawat ke Jepang hanya sebesar Rp 4,3 juta pergi pulang per orang. Lalu paket wisata yang ditawarkan tidak hanya destinasi di Jepang, Korea, Eropa Barat, Inggris dan Amerika Serikat, namun calon turis bisa membuat sendiri rencana perjalanannya.

Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

(Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi