parenting

Tips Liburan Road Trip dengan Mobil Bersama Anak

Maya Sofia Kamis, 19 Dec 2019 20:04 WIB
Tips Liburan Road Trip dengan Mobil Bersama Anak caption
Jakarta - Libur telah tiba! Sudah ada rencana ke mana untuk liburan kali ini, Bun? Bagaimana kalau liburan road trip dengan mobil bersama Ayah dan anak-anak? Road trip atau melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil memiliki banyak manfaat bagi si kecil lho.

Salah satunya anak akan mempelajari banyak hal baru selama perjalanan. Misalnya saja bagaimana hidup terbatas tanpa fasilitas penuh selama beberapa jam saat berada di dalam mobil. Selain itu anak juga akan memperoleh banyak wawasan dan pengalaman baru yang tak hanya diperoleh dari buku atau video.


Bagaimana Bun? Tertarik? Jika ya, simak dahulu tips liburan road trip dengan mobil bersama anak dikutip dari berbagai sumber berikut ini:  


1. Rencanakan tempat pemberhentian

Hal paling penting dalam melakukan road trip bersama anak adalah menyusun itinerary dari jauh-jauh hari. Cek berapa lama kemungkinan waktu perjalanan, termasuk titik-titik kemacetan lewat peta digital pada smartphone Bunda.

Bunda juga bisa memanfaatkan peta digital tersebut untuk menyusun daftar tempat makan, SPBU, masjid, objek wisata, hingga penginapan di kota-kota yang dilalui saat road trip.

Road trip dengan kendaraan pribadi tentunya tak hanya melelahkan bagi pengemudi, tetapi juga para penumpang termasuk anak-anak Bunda. Oleh karena itu pastikan sudah membuat daftar tempat pemberhentian.

Dengan begitu Bunda, Ayah, dan anak-anak bisa beristirahat sejenak sambil meluruskan kaki. Taman kota bisa jadi pilihan menarik bagi Bunda dan keluarga. Di sana, anak-anak dapat bermain sambil menikmati udara terbuka.

2. Packing berdasarkan hari

Road trip juga artinya Bunda dan keluarga akan berpindah-pindah tempat penginapan. Untuk menyiasati agar pakaian tidak tercecer, Bunda bisa menggunakan packing cubes atau packing bag yang saat ini banyak dijual di e-commerce.

Packing berdasarkan hari agar Bunda tidak ribet mengeluarkan pakaian dari tumpukan di koper. Susun dengan meletakkan packing cubes berisi pakaian yang akan dikenakan di hari terakhir pada bagian bawah koper.

3. Gunakan car seat

Tips Liburan Road Trip dengan Mobil Bersama AnakIlustrasi menggunakan car seat saat road trip bersama anak. (Foto: iStock)

Jika Bunda masih memiliki anak di bawah usia 15 bulan ada baiknya menggunakan child safety seat atau biasa juga disebut car seat. Hal tersebut untuk memastikan kenyamanan dan keamanan si kecil saat dalam perjalanan.

Sementara itu pastikan anak-anak yang sudah lebih dewasa untuk mengenakan seatbelt atau sabuk pengaman selama di perjalanan.

4. Selalu bawa stok makanan

Jangan lupa membawa kontainer atau wadah penyimpanan makanan serta peralatan makan seperti garpu, sendok, dan pisau kecil. Pertama, Bunda bisa menggunakannya untuk menyimpan camilan atau buah-buahan untuk si kecil.

Kedua, Bunda bisa memakainya untuk menyimpan makanan yang dibeli take away dari rumah makan atau restoran. Hal ini untuk menyiasati saat anak cranky karena lapar dan ingin makan besar ketika di perjalanan.

Bunda bisa mencuci kontainer dan peralatan makan lain, seperti sendok serta garpu saat berada di tempat penginapan.

5. Bawa mainan favorit si kecil

Perjalanan dengan mobil bisa menjadi hal yang membosankan bagi anak-anak. Apalagi mereka harus berada di dalam mobil selama berjam-jam.

Tips liburan lainnya, Bunda bisa membawa mainan favorit si kecil. Seperti mobil-mobilan, mainan balok, hingga boneka teddy bear. Bunda juga bisa membawa buku favorit kesukaan mereka.

Semoga membantu ya, Bun. Selamat berlibur!



Bunda juga bisa simak tips liburan mengajak anak mengenal hewan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi