parenting

Kenali Penyebab Katarak pada Bayi Seperti Dialami Anak Asri Welas

Nurvita Indarini Selasa, 19 Sep 2017 17:15 WIB
Kenali Penyebab Katarak pada Bayi Seperti Dialami Anak Asri Welas
Jakarta - Anak kedua entertainer Asri Welas, Ibran, mengalami katarak kendati usianya masih bayi. Apa sih penyebab katarak pada bayi?

"Pada bayi ada tiga penggolongan terjadinya katarak. Pertama, kelainan metabolisme, infeksi, dan kelainan genetik berupa sindrom," ujar dr Junaedi, SpM dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dalam sesi live chat via Instagram dan Facebook, Selasa (19/9/2017).

"Ada kelainan genetik yang idiopatik, semacam sporadik, tidak tahu penyabab jelasnya apa," imbuh dr Junaedi.


Baca juga: Cerita Asri Welas: Umur 5 Bulan Anakku Harus Pakai Kacamata +16

Menurut dr Junaedi, kalau ibu terkena virus saat hamil, seperti tokso dan rubella, maka bisa berpengaruh pada janin yang dikandungnya.

Katarak, sambung dr Junaedi, merupakan kelainan lensa bola mata yang mengganggu penglihatan. Perlu kita tahu nih, Bun, media penglihatan itu melibatkan saraf, jaringan jelly vitreous atau badan kaca, dan kornea.

Media penglihatan dari belakang ke depan harus bagus dan bersih. Kalau ada gangguan, maka bisa fungsi penglihatan ikut terganggu. Nah, pada katarak, lensa mata mengalami gangguan sehingga keruh. Kekeruhan ini biasanya terlihat sebagai titik putih di bola mata yang berwarna hitam.

Baca juga: Curhat Asri Welas Soal Bayinya yang Terkena Katarak

Untuk kasus anak Asri Welas, dokter sempat mengecek rekam medis Asri apakah ia ada riwayat rubella dan tokso. Soalnya kata dokter, virus rubella dan tokso ini sebenarnya bisa membuat bayi terkena katarak, jantung bocor atau malah yang lebih parah otaknya terkena virus, dan mempunyai gangguan pendengaran. Nah, kebetulan dulu Asri pernah cek rubella dan tokso saat hamil dan hasilnya negatif.

Kepada Asri, dokter yang menangani anaknya mengatakan katarak yang terdapat di kedua mata Ibran memang tebal dibanding dengan katarak anak-anak lain. Penyebabnya hingga saat ini masih diperiksa, namun kemungkinan adalah bawaan. Untunglah Ibran sudah dioperasi dan kini mengenakan kacamata plus 16 untuk membantu penglihatannya. (Nurvita Indarini/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi