sign up SIGN UP search


parenting

Nggak Semua Batita Tertarik Gadget, Anak Tya Ariestya Salah Satunya

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 05 Oct 2017 07:05 WIB
Gadget memang menarik. Tapi nggak semua anak lantas tertarik sama gadget. caption
Jakarta - Anak usia batita (di bawah tiga tahun) ada yang senang banget kalau dikasih gadget, tapi ada juga yang nggak tertarik. Si kecil termasuk yang mana, Bun? Nah, kalau putra Tya Ariestya, Muhammad Kanaka Ratinggang, lebih tertarik mengacak-acak mainan ketimbang main gadget, lho.

Kata Tya dia dan sang suami, Irfan Ratinggang, memang nggak terlalu mengenalkan gadget ke Kanaka yang kini berumur 1 tahun 2 bulan. Walaupun begitu, Kanaka tetap familiar dengan gadget. Apalagi, Tya bilang dia sering juga ngajak Kanaka merekam video atau membuat insta story.

"Karena aku kan sering juga ya ngajak Kanaka bikin insta story. Jadi dia kalau kayak insta sory terus ngerekam-rekam video gitu, udah tahu. Tapi kalau yang sampai nonton video di YouTube misalnya sampai lama, nggak sih," kata Tya di sela-sela 18th Kidz Station Anniversary Celebration di Gandaria City, Jakarta, baru-baru ini.


Baca juga: Begini Tya Ariestya Mengajari si Kecil Berenang

Memang, sesekali Tya pernah memutarkan video di YouTube saat Kanaka agak susah makan. Dalam keseharian, kata Tya, Kanaka agak cuek kalau dikasih tahu konten di gadget. Paling-paling dia melongok sebentar video lagu anak-anak di YouTube, tapi nggak lama kembali 'menjelajah' lingkungan sekitarnya.

"Kanaka kan tipe anak yang aktif. Jadi apa aja yang bisa dimainin sama dia ya dimainin. Kalau dikasih tahu video di gadget, dilihat sebentar terus dia main lagi. Ngangkat-ngangkat barang gitu. Apalagi dia lagi masanya senang jalan kan, bereksplorasi," tambah Tya.

Menanggapi tingkah Kanaka, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas mengatakan baik banget, saat anak bebas gadget di selain waktu makan. Walau memang, Anas bilang, sebisa mungkin kita 'bebaskan' juga si kecil dari gadget saat dia makan. Nah, kalau saat ini anak masih main gadget sambil makan, bisa mulai dikurangi pelan-pelan ya, Bun, durasinya. Terus, kita ganti main gadget dengan aktivitas lain seperti main slime, mewarnai, atau main busy book.

"Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatric, anak di bawah 2 tahun nggak diberikan screen time. Tapi kalau kayak ngerekam video atau insta story, masih bisa ditoleransilah ya. Tapi tetap ya, sebisa mungkin maksimal 10 menit aja," kata Anas.

Baca juga: Begini Dampaknya Jika Anak Terbiasa Makan Sambil Main Gadget (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi