parenting

Ketika Anak di Bawah 2 Tahun Sudah Main Gadget

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 06 Oct 2017 08:01 WIB
Ketika Anak di Bawah 2 Tahun Sudah Main Gadget
Jakarta - Untuk anak di bawah usia dua tahun memang sebaiknya nggak dikenalkan gadget. Tapi, kadang ketika orang di sekitarnya termasuk kita orang tuanya pakai gadget, anak dibuat penasaran ya, Bun.

Ini salah satunya dialami anak aktris Tya Ariestya, Muhammad Kanaka Ratinggang. Kata Tya, sesekali Kanaka memang ikutan main gadget sang bunda misalnya saat merekam video atau bikin Insta Story. Tapi, kalau lama-lama, Kanaka nggak terlalu tertarik, Bun.

"Dia lebih milih main. Kalau main gadget paling nonton Youtube, itu juga pernah pas makan. Kalau aku lagi main handphone namanya anak-anak dia penasaran juga kan," kata Tya.


Soal ini, psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas bilang hal terpenting yang mesti diperhatikan orang tua adalah jangan jadikan gadget sebagai pengganti orang tua. Toh anak terpaksa memainkan gadget, pilih konten berkualitas dan ramah anak.

Baca juga: Yuk Lakukan Ini untuk 'Menyapih' Anak dari Gadget

Anas mencontohkan ketika kita mengajak si kecil membuat Instagram Story dengan kamera depan handphone, bisa pakai fitur yang lucu-lucu, Bun. Kata Anas, kalau itu dipakai bisa jadi ajang lucu-lucuan dan bonding sama anak.

"Kalau kayak gitu masih bisa ditoleransilah. Tapi, sesuai rekomendasi American Academy of Pediatric, dalam sehari buat anak umur di bawah dua tahun maksimal 10 menit ya," kata Anas yang juga berpraktik di Klinik Petak Pintar ini.

Nah, Anas nggak menampik buat ayah dan bunda yang bekerja, memang agak susah untuk nggak ngasih anak gagdet. Tapi, ini masih bisa diakali dengan membuat menu aktivitas buat anak, Bun. Jadi, pas anak di rumah bersama pengasuh, selain menu makan, kita juga membuatkan mereka menu aktivitas.

"Bisa kok sebenarnya. Memang sih PR. Pas weekend kita siapin apa aja untuk bikin aktivitas anak. Nggak harus mahal kok, kayak balok-balokan atau kertas. Nanti anak coret-coret. Terus main busy book. Dalam hal ini, pengasuhnya perlu diedukasi juga ya supaya anak nggak main gadget misalnya kalau si mbak lagi sama si anak, jangan dulu pegang gadget," tambah Anas.

Baca juga: Nggak Semua Batita Tertarik Gadget, Anak Tya Ariestya Salah Satunya

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi