sign up SIGN UP search


parenting

Anak Rajin Gosok Gigi, Tapi Kok Giginya Gampang Berlubang?

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 18 Oct 2017 12:00 WIB
Anak sudah rajin gosok gigi, tapi kenyataannya giginya gampang banget berlubang. Duh, kenapa ya? caption
Jakarta - Si kecil rajin banget menggosok gigi. Wah, pasti Bunda dan Ayah senang ya. Eh, tapi walaupun anak udah rajin gosok gigi, ada aja masalah di gigi si kecil. Misalnya, giginya berlubang atau reges. Hmm, kenapa ya?

Kata drg Henny Octaviana Danan, SpKGA dari Medikids Clinic by MHDC, untuk melihat apa penyebab gigi anak masih saja bermasalah padahal sudah rajin gosok gigi perlu dilakukan anamnesa. Bisa aja, Bun, ada kemungkinan memang pembentukan gigi anak yang kurang bagus.

drg Henny bulang, pembentukan gigi susu mulai terjadi ketika usia kandungan 3 minggu. Nah, saat itulah sudah ada pembentukan benih-benih gigi. Kalau pembentukannya nggak bagus, saat lahir gigi anak pun mudah rapuh. Pada gigi yang rapuh akibat pembentukannya kurang bagus saat di kandungan, akan terlihat ada bercak putih atau kekuningan di gigi anak, Bun.


Baca juga: Anak di Bawah 7 Tahun Masih Perlu Didampingi Saat Gosok Gigi Lho

"Tapi ingat, walaupun giginya sehat tapi pola hidupnya nggak benar, tetap akan rapuh. Misalnya anak jarang makan cokelat atau permen tapi jarang juga menggosok gigi, sama aja gigi akan mudah rapuh. Sebaliknya, anak udah rajin gosok gigi tapi pola makannya sembarangan, gigi mudah berlubang juga," kata drg Henny di sela-sela Happy Talkshow Kesehatan Gigi Anak di Festival Budna Happy yang digelar HaiBunda bersama Vivo di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

Merawat gigi dan menjaga pola makan si kecil aja nggak cukup untuk bikin gigi mereka sehat dan bersih, Bun. Sebab, mereka juga perlu rutin kontrol ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali untuk dilihat dan di-follow up bagaimana kesehatan giginya.

"Jadi kita ketemu tiap 6 bulan, kita lihat apa yang terjadi. Kita follow up, misalkan oh ternyata ini yang kurang perlu nih kita kasih vitamin. Nanti selamam 6 bulan kita lihat kondisinya gimana," tambah drg Henny.

drg Henny mengingatkan pentingnya pembersihan gigi anak supaya gigi mereka sehat dan bersih. Untuk waktu gosok gigi, jangan lupa lakukan pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Kalau udah sikat gigi, berarti si kecil nggak boleh makan apa-apa lagi ya, Bun. Nah, buat anak di bawah umur 7 tahun, drg Henny bilang mereka masih perlu didampingi saat gosok gigi.

Baca juga: Awas, Kesalahan Saat Gosok Gigi Bisa Menyebabkan Ngilu (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi