sign up SIGN UP search


parenting

Ada Optik Khusus Anak, Seperti Apa Sih?

Asri Ediyati Jumat, 20 Oct 2017 11:01 WIB
Si kecil nggak perlu takut ketika matanya diperiksa, Bun. Apalagi kalau pemeriksaan dilakukan di optik khusus anak. Hmm, kayak apa ya? caption
Jakarta - Beberapa anak ada yang khawatir atau bahkan takut saat matanya diperiksa. Tapi, kalau pemeriksaan dilakukan di optik khusus anak, si kecil bisa nggak takut lagi lho.

Berawal dari keresahan dan kepedulian pemilik Optik Tunggal, Alexander F Kurniawan, dibuatlah Optik Tunggal Next Generation. Alex mengatakan ia melihat fakta yang cukup mencengangkan, Bun. Menurut data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2015, 6,6 juta anak usia sekolah mengalami kerusakan refraksi mata.

"Saya meyakini jumlah anak yang mengalami kerusakan refraksi mata akan semakin bertambah di tahun 2017 ini. Ditambah demografi Indonesia sangat luas, sehingga saya rasa data tersebut nggak mencakup semuanya," papar Alex di acara Launching Optik Tunggal Next Generation di Nanny's Pavillion, Mall Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (19/10/2017).


Launching Optik Tunggal Next GenerationLaunching Optik Tunggal Next Generation/ Foto: Asri Ediyati


Baca juga: Begini Cara Ibu Ini Stimulasi Mata Bayinya yang Kena Katarak

Sebagai wujud kepeduliannya, Alex membuka optik khusus anak pertama di Indonesia. Waktu HaiBunda berkunjung ke dalam optiknya, suasananya memang bikin nyaman si kecil, Bun.

"Suasananya dibuat senyaman mungkin supaya anak bisa sambil main dan nggak jenuh. Kami ada alat khusus yang portable untuk memeriksakan mata anak, namanya retinaskopi. Jadi sembari diperiksa anak juga bisa main," kata salah satu karyawan di Optik Tunggal Next Generation kepada HaiBunda.

Suasana Optik Tunggal Next Generation yang ramah anak/Suasana Optik Tunggal Next Generation yang ramah anak/ Foto: Asri Ediyati


Interior optik khusus anak ini benar-benar colorful, Bun. Tersedia juga lego, boneka dan beraneka frame kacamata yang bikin gemas banget!

Selama satu bulan sejak launching Optik Tunggal Next Generation, pemeriksaan mata akan dilakukan oleh dokter mata anak dari Filipina, dr Scarlett G Cacayuran. Akan ada sesi sharing juga bersama dr Scarlett mengenai kondisi mata anak yang diperiksa.

Mainan Lego di Optik Tunggal Next Generation/Mainan Lego di Optik Tunggal Next Generation/ Foto: Asri Ediyati


Satu lagi nih Bun, konsep optik khusus anak-anak ini beda dengan konsep optik pada umumnya. Apa sih yang bikin beda?

Baca juga: Mata Juling dan Fakta-fakta Seputar Penglihatan Pada Anak

"Konsep Optik Tunggal Next Generation yakni ingin mengedepankan lensa dibanding frame. Biasanya lensa yang kurang bagus malah akan menambah ukuran kerusakan mata dengan cepat. Di optik ini akan ada garansi setahun untuk lensa. Mau lima sampai enam kali ganti, nggak akan ditanya alasannya. Kita semua tahu kalau kacamata anak cenderung cepat pecah karena mereka aktif bermain," tutur Alex.

Nah, untuk cabangnya sendiri masih di Jakarta, Bun. Tepatnya di Mall Kelapa Gading 3 lantai 2. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi