parenting

Manfaat Membacakan Cerita dengan Nyaring untuk Bayi

Asri Ediyati Sabtu, 25 Nov 2017 19:04 WIB
Manfaat Membacakan Cerita dengan Nyaring untuk Bayi
Jakarta - Sejak dilahirkan, otak bayi perlu distimulasi. Hal ini karena otaknya lagi tumbuh dengan pesat. Nah, stimulasi salah satunya bisa diberi lewat suara ketika kita membaca buat anak.

Lho, si kecil kan masih bayi, apa udah ngerti kalau kita bacakan cerita? Eits, jangan salah, Bun. Selain menstimulasi otak dan melatih indra pendengaran, ada sederet manfaat membaca dengan nyaring untuk bayi lho, seperti dikutip HaiBunda dari buku 'Membacakan Nyaring' yang ditulis Roosie Setiawan.

1. Menambah Kosakata yang Didengar


Perbendaharaan kata sangat diperlukan bayi untuk bicara. Penguasaan kosakata sifatnya kumulatif, artinya semakin banyak kata yang diketahui bayi, dia bakal makin mudah tahu kata-kata lain. Makanya, bayi perlu kenal kata-kata yang sehari-hari dia dengar dan ini tentunya berhubungan sama kegiatan sehari-harinya ya, Bun.

Bayi dapat mengenal kosakata bahasa lisan lewat percakapan yang dibangun antara orang tua dan bayi. Ketika membacakan buku, kosakata yang didapat bayi lebih banyak dan nggak menutup kemungkinan dia mengenal kosakata yang jarang dipakai sehari-hari.

2. Melatih Rentang Perhatian dan Kemampuan Mengingat

Ketika kita memperdengarkan suara pada bayi lewat membaca nyaring, bayi akan terfokus pada kita. Bunda perlu tahu kalau bayi akan mengingat setiap kata yang kita ucapkan.

"Kemudian ia bisa menanggapinya melalui bahasa tubuh, bergumam dan berceloteh. Hingga akhirnya, nantinya bayi bisa menjawab menggunakan kata-katanya sendiri," kata Roosie.


3. Merangsang Imajinasi dan Indra Lain Bayi

Bayi bisa berimajinasi ketika suara yang didengarnya diucapkan nyaring dengan narasi dan intonasi yang menarik. Saat itu, imajinasinya berkembang mengikuti suara maupun gambar yang ada di dalam buku bergambar yang dibacakan. Adanya gambar ilustrasi di buku cerita juga bisa merangsang indra penglihatannya.

4. Mengenalkan Konsep Buku dan Belajar

Buku adalah media yang berisi berbagai hal baru yang perlu dipelajari dan mampu memenuhi rasa ingin tahu seseorang, termasuk anak-anak. Buku dibaca dari kiri ke kanan, atas ke bawah dan buku bisa dibolak-balik halamannya. Membaca nyaring bisa jadi cara tepat untuk mengenalkan konsep belajar dan konsep buku ke bayi.

5. Membuat Bayi Tenang

Bayi yang terbiasa dibacakan sesuatu dengan nyaring oleh orang tuanya tentu akan mengenal dengan baik suara orang tuanya. Apalagi kalau narasi dan intonasinya indah. Wah, itu bisa bikin si kecil merasa nyaman, Bun. Selain itu bayi juga bisa menangkap kalau orang tuanya memberikan perhatian khusus untuk dia.

Posisi saat membaca nyaring juga memungkinkan terjadi kontak dengan bayi melalui sentuhan kulit. Sehingga, kita bisa membangun kedekatan sama anak deh, Bun.

(aci/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi