parenting

Ada Risiko Tenggelam di Balik Cantiknya Baju Renang Ekor Mermaid

Nurvita Indarini Kamis, 18 Jan 2018 18:02 WIB
Ada Risiko Tenggelam di Balik Cantiknya Baju Renang Ekor Mermaid
Sydney, Australia - Pernah lihat atau mungkin pernah membelikan baju renang ekor mermaid untuk si kecil, Bun? Memang lucu sih kalau dipakai anak-anak. Tapi di balik kecantikan dan kelucuan baju renang ekor mermaid alias putri duyung, ada risiko tenggelam yang mengintai anak.'

Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) telah mengeluarkan peringatan terkait risiko serius di balik baju renang ekor mermaid. ACCC kemudian meminta Royal Life Saving Society of WA (RLSSWA) menggelar studi untuk menguji kemampuan berenang anak-anak berusia antara dua hingga 12 tahun. Anak-anak diminta berenang dengan menggunakan ekor mermaid dan sebagian lagi tidak.

"Produk ini secara signifikan mengurangi gerakan anak di dalam air karena pakaian ini seperti mengikat kedua kaki anak," ujar Lauren Nimmo, manajer penelitian dan promosi kesehatan senior RLSSWA seperti dikutip dari abc.com.au.


Dari penelitian diketahui bahwa penggunaan baju renang ekor mermaid ini bisa mengurangi kemampuan berenang si kecil sampai 70 persen. Karena itulah ditengarai bisa meningkatkan risiko tenggelam pada anak-anak.



Pakain berenang model ini, lanjut Lauren, bisa membuat anak lebih cepat lelah juga. Ini tentunya bahaya karena sering kali peristiwa tenggelam terjadi dalam waktu singkat.

Berikut ini tips untuk meminimalkan risiko tenggelam pada anak yang mengenakan baju renang ekor mermaid, seperti disampaikan Lauren:

1. Digunakan oleh anak berusia tujuh tahun lebih yang memiliki kemampuan berenang baik.

2. Harus ada pengawasan yang langsung dan setiap saat, karena bahaya tenggelam bisa terjadi sewaktu-waktu dan terjadi dalam waktu cepat.

3. Kalau bisa, membeli baju renang ekor mermaid yang memungkinkan kaki lebih bebas, sehingga tidak terasa seperti terikat bersama.

Meski ada bahaya nyata di baliknya, namun 75 persen anak-anak yang terlibat dalam penelitian mengatakan bahwa produk itu menyenangkan, sehingga mereka ingin menggunakannya lagi.



Sementara itu Komisaris Perlindungan Konsumen Australia, David Hillyard, mengatakan kekhawatiran tentang baju renang ekor mermaid atau putri duyung mencuat sejak dua tahu lalu. Kala itu beredar video seorang anak yang terjebak di dalam air saat mengenakan baju renang ekor putri duyung.

"Dia diselamatkan oleh ibunya yang untungnya ada di dekatnya, tapi ini bisa berakhir dengan sangat berbeda jika orang dewasa nggak ada," katanya.

[Gambas:Youtube]



(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi