parenting

Banyak Minum Susu di Malam Hari, Benarkah Lebih Baik bagi Anak?

Asri Ediyati Kamis, 08 Feb 2018 20:00 WIB
Banyak Minum Susu di Malam Hari, Benarkah Lebih Baik bagi Anak?
Jakarta - Anak teman saya selalu menagih minum susu sesaat sebelum tidur di malam hari karena lagu anak-anak 'Pok Ame-ame'. Konon minum susu di malam hari bagus buat anak. Tapi apakah harus kita kasih susu banyak-banyak ke anak sebelum tidur?

Ya, susu memang asupan sehat yang kaya kalsium ya, Bun. Kata dr Cindiawaty J Pudjiadi MARS MS SpGK, agar penyerapan kalsium dari susu lebih maksimal, baiknya anak memang meminum susu di malam hari.

Meski begitu, dr Cindy nggak menyarankan pemberian susu yang banyak ke anak di malam hari. "Sebenarnya rata saja pembagian konsumsi kalsium dan nggak bisa sengaja dibanyakin waktu malam. Kemampuan usus hanya menerima 500 mg dari 1.200 mg kalsium," kata dr Cindy di acara konferensi pers HiLo School Drawing Competition 2018, di Hotel Morissey, Jakarta, Rabu (7/2/2018).


Oke, jadi bukan berarti menjelang tidur malam si kecil harus minum bergelas-gelas susu ya, Bun. Kasihan juga nanti si kecil jadi kembung.



Oh iya, sumber kalsium sebenarnya nggak cuma dari susu. Kita bisa mendapatkannya dari sayuran, bahan makanan lainnya, dan suplemen tambahan karena mungkin beberapa susu nggak terlalu bisa mencukupi kebutuhan kalsium anak.

Kalsium memang penting banget agar tulang kita kuat. Dan ini nggak bisa dipenuhi saat sudah dewasa, harus ditabung dan diupayakan sejak dini. "Tulang itu 'lumbung' kalsium. Jadi sebisa mungkin anak dari kecil sudah mengumpulkan dan menabung kalsium," tegas dr Cindy.

Kata dr Cindy, pertumbuhan tulang di usia sekolah itu cukup pesat dan anak usia sekolah butuh 1.200 mg kalsium per hari.

Nah, untuk pertumbuhan tulang, nggak bisa mengandalkan kalsium saja. Ada vitamin D yang juga mendukung pertumbuhan tulang.

Karena itu dr Cindy juga menyarankan agar anak-anak usia sekolah tetap aktif melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya di luar ruangan. Hal ini agar anak-anak terpapar sinar matahari.

"Riset dari Nutrigen, untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan kepadatan tulangnya, anak butuh vitamin D yang terbentuk di dalam tubuh akibat paparan sinar matahari," tutup dr Cindy.

(aci)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi