sign up SIGN UP search


parenting

7 Langkah Tepat Siapkan Susu Formula untuk Si Kecil, Sehat dan Higienis

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 17 Apr 2022 22:05 WIB
Sanitizing the baby things in UV Sterilizer and dryer, new technology for sanitize the baby things by UV Light. caption

Jakarta - Berbeda dengan menyusui langsung, memberikan susu formula untuk anak memang terbilang lebih merepotkan ya. Karena Bunda tentu harus menyiapkan botol dan menyeduh susu terlebih dahulu sebelum Si Kecil menyantapnya.

Karena itulah, kebersihan susu juga perlu diperhatikan sebab perangkat botol susu yang terkena udara bisa membuat Si Kecil terinfeksi bakteri atau perut kembung. Lalu, bagaimana sih cara tepat membuat susu formula yang higienis dan tentunya enak untuk anak?

Langkah tepat siapkan susu formula untuk bayi 

Bunda, dirangkum dari laman Baby’s Brew, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Bunda ikuti saat membuat susu formula untuk Si Kecil:


1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Saat membeli susu formula untuk Si Kecil, sebaiknya Bunda perlu meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa atau keterangan: 'Gunakan sebelum:' pada produk susu formula yang Bunda pilih.

Pertimbangkan juga kapan Bunda akan membutuhkan formula untuk memastikan tanggal tersebut tidak berlaku sebelum Bunda menggunakan semuanya. 

2. Jaga kebersihan tangan

Dengan banyaknya kuman yang mungkin ada di tangan, Bunda perlu memastikan bahwa tangan Bunda dalam keadaan bersih. Bunda perlu mencuci tangan setiap kali sebelum mulai menyiapkan botol susu Si Kecil. Pastikan juga Bunda telah benar-benar mengeringkannya.

Banner Barang Dibeli Crazy Rich PalsuBanner Barang Dibeli Crazy Rich Palsu/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

3. Pastikan botol bersih

Semua bagian botol susu Si Kecil perlu dibersihkan dengan benar sebelum setiap kali menyusu. Ini termasuk botol, dot, tutup, cincin botol, dan bagian dalam lainnya yang mungkin bersentuhan dengan susu formula.

Sebelum penggunaan pertama kali, botol perlu disterilkan semua dengan cara merebusnya di dalam air selama kurang lebih 5 menit, atau mungkin Bunda juga dapat menggunakan kantong sterilisasi uap microwave yang dibuat khusus untuk bagian-bagian botol.

Saksikan juga ya video tentang 5 tanda Si Kecil tak cocok susu formula:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMPERSIAPKAN SUSU FORMULA UNTUK BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!