parenting

Daftar 'Pelajaran' bagi Anak yang Bisa Didapat dari Dapur

Nurvita Indarini Sabtu, 10 Feb 2018 12:05 WIB
Daftar 'Pelajaran' bagi Anak yang Bisa Didapat dari Dapur
Jakarta - Belajar nggak harus selalu di ruang kelas, karena dari dapur pun, anak bisa belajar banyak hal. Iya, anak bisa belajar matematika, mengasah kemampuan sensorik, motorik, hingga keterampilan hidup.

Setidaknya inilah manfaat yang didapat bocah lima tahun bernama Chiellyn Ashley. Ya, di usianya yang masih belia, Chiellyn memang sudah 'terjun' ke dapur dan jago membuat berbagai macam makanan lho, Bun.

"Bisa belajar menakar, menimbang," ujar sang ibunda, Ratna, saat ditemui di sela-sela Kidzania Chocolate Creation with Silver Queen di Kidzania, Pacific Place, Jakarta Selatan, Jumat, (9/2/2018).


Jadi misalnya nih, mau bikin kue dengan tiga telur, Chiellyn bisa belajar menghitung telur. Pun ketiga membutuhkan 100 gram gula, misalnya, Chiellyn bisa belajar menimbang gula dengan tepat, termasuk menyendok gula dari wadahnya ke timbangan.

Chiellyn juga bisa merasakan berbagai bahan makanan di dapur. Misalnya Chiellyn jadi tahu keju itu rasanya asin, cokelat rasanya pahit, lada rasanya pedas, dan sebagainya.



"Jadi ini sama-sama belajar. Dulu waktu anak pertama saya banyak teriak 'jangan' kalau anak masuk dapur, khawatir kena panas, dan sebagainya. Sekarang lebih memberi kepercayaan saja sama anak. Tapi memang harus dipantau karena ada benda yang nggak aman," tutur Ratna.

Menurut Ratna, masak juga jadi kegiatan yang membuat Chiellyn lebih terkontrol emosinya. Sering kali bete Chiellyn saat sudah berkecimpung dengan aktivitasnya di dapur.

"Dari masak juga Chiellyn belajar mandiri. Kalau saya lagi repot di dapur, dia bisa bantuin. Dari masak juga instingnya jalan, dia juga kan suka lihat video memasak di YouTube, dia belajar memahami dan membuatnya juga," terang Ratna.

Ratna menambahkan bagi Chiellyn memasak adalah kegiatan yang mengasyikkan. Sering banget nih Chiellyn tanya hari ini mau bikin apa atau besok mau masak apa. "Bayangan dia masak itu seperti main," imbuhnya.



Fani Moe, Marketing Communication Manager KidZania Jakarta dalam kesempatan yang sama bilang kegiatan memasak bisa jadi quality time yang meningkatkan bonding antara orang tua dan anaknya. Karena itulah digelar KidZania Fun Chocolate Creation with Silver Queen dibuat khusus untuk mengakomodir rasa curiosity atau rasa keingintahuan dan ketertarikan anak terhadap cokelat yang begitu tinggi.

"Anak bisa belajar langsung dari ahli gizi mengenai manfat mengonsumsi cokelat, menyimak cooking demo yang mudah dipraktekkan di rumah hingga berkreasi membuat cokelat yang dapat dibawa pulang," papar Fani. Oh iya, khusus acara KidZania Fun Chocolate Creation with Silver Queen, KidZania memberikan diskon tiket masuk sebesar 40 persen kepada pengunjung yang ingin mengikuti acara ini. Setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu acara berlangsung sebanyak dua sesi (siang dan sore) dengan peserta sekitar 40 orang tiap sesinya.

Hmm, mumpung weekend, yuk kita ajak si kecil memasak, Bun. Siapa tahu memasak adalah hobi dan bakatnya, bisa jadi chef cilik deh seperti Chiellyn.

(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi