parenting

Kelak Anak Akan Ingat Hal Ini dari Kita, Orang Tuanya

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 11 Feb 2018 16:05 WIB
Kelak Anak Akan Ingat Hal Ini dari Kita, Orang Tuanya
Jakarta - Time flies! Nggak disadari si kecil udah beranjak besar nih, Bun. Tanpa disadari tahu-tahu mereka sudah remaja dan dewasa. Berbagai kenangan manis bersama orang tuanya pun bisa membekas di benak mereka.

Pada prinsipnya, apa yang dilakukan orang tua akan diingat oleh anak, termasuk hal-hal positif yang dilakukan bunda dan ayah untuk anak-anak. Nah, kelak ketika anak dewasa hal-hal positif yang kita lakukan berikut ini akan selalu mereka ingat lho, Bun. Apa aja? Yuk simak.

1. Pengalaman Menyenangkan Bersama Bunda dan Ayahnya


Kegiatan menyenangkan yang dilakukan bareng orang tua bisa jadi kenangan manis di benak anak. Nggak perlu kegiatan mewah, sekadar main di taman atau menghabiskan waktu bersama anak aja bisa jadi pengalaman menyenangkan dan nggak terlupakan buat anak. Bahkan ya, Bun, hal-hal konyol tapi fun kayak saling bikin face painting atau hujan-hujanan sama anak bisa jadi kenangan tak terlupakan buat anak lho.

2. Saat Kita Menaruh Gadget dan Fokus ke si Kecil

Waktu yang berkualitas sama si kecil salah satunya bisa didapat ketika kita menaruh gadget dan bener-bener fokus sama anak. Kata psikolog anak dari Tiga Generasi Anastasia Satriyo yang akrab disapa Anas, saat kita jauhkan gadget sementara, fokus melakukan sesuatu sama anak bisa dilakukan. Ketika ngobrol sama anak tanpa gadget udah pasti kita bisa melakukan eye contact sama anak dan dengan begitu, anak akan merasa dimengerti dan diperhatikan, Bun. Sehingga, momen-modem kayak gini bisa jadi sesuatu yang berharap buat anak.

3. Gimana Cara Kita Menghadapi Situasi Sulit

Anak akan belajar dari apa yang dilakukan orang tuanya, termasuk gimana respons orang tua ketika berada dalam situasi sulit. Psikolog anak dari Tiga Generasi Melissa Marcelina bilang misalnya saat salah satu orang tua kena penyakit serius, gimana cara orang tua menyampaikan hal itu ke anak dan menyikapi keadaan secara nggak langsung akan dicontoh oleh anak.



"Contoh saat bunda dan ayahnya tetap optimistis menghadapi kenyataan, anak akan belajar itu dan next ketika dia berada dalam situasi sulit anak bisa mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya," kata Lina.

4. Kata-kata Positif dari Bunda dan Ayah

Nggak ada yang lebih indah dari kata-kata positif yang terucap dari mulut Bunda dan Ayah. Kalimat-kalimat penyemangat dan afirmasi positif yang kita sampaikan ke anak bisa dipastikan akan selalu diingat anak. Termasuk ketika kelak mereka sedang dalam kondisi down, kata-kata positif yang bisa jadi penyemangat anak akan jadi amunisi ampuh buat anak untuk bangkit kembali lho, Bun.

5. Saat Kita Nggak Ada untuk Anak

Kedengerannya tega ya, Bun. Tapi memang ada kalanya kita nggak ada di sisi anak ketika mereka butuh kita. Nah, keadaan kayak gitu akan diingat anak tapi bukan dari segi negatif karena ada pembelajaran di situ. Ya, anak akan ingat ketika mereka cuma tidur sama ayah karena bunda lagi dinas ke luar kota. Terasa menyedihkan tapi jangan salah, itu bisa jadi kenangan nggak terlupakan buat anak.

"Terlebih kadang anak memang harus terbiasa berada di situasi yang nggak nyaman. Dengan begini mereka belajar untuk bisa survive di situasi yang nggak nyaman," kata psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi.

Nah, itu dia, Bun, hal-hal dari kita yang akan selalu diingat anak bahkan kelak ketika mereka dewasa. Untuk menciptakan kenangan manis bersama anak, biasanya apa yang Ayah dan Bunda lakukan nih?

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi