parenting

Umur Berapa Normalnya Anak Sudah Bisa Berjalan?

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 01 Mar 2018 13:02 WIB
Umur Berapa Normalnya Anak Sudah Bisa Berjalan?
Jakarta - Memantau tumbuh kembang anak memang bisa bikin deg-degan ya, Bun. Contohnya soal anak yang udah bisa jalan. Ketika anak-anak lain udah lancar berjalan sedangkan anak kita masih belajar berdiri, waduh bisa senewen kita dibuatnya.

Bunda dua anak, Karin, pernah mengalami ini ketika anak pertamanya belum bisa berjalan di umur 18 bulan. Saat itu, anak seusia si kecil udah lari ke sana ke mari sedangkan anak Karin baru bisa berdiri beberapa lama dan bruk! Dia jatuh. Sampai Karin khawatir dan ia pun mengajak si kecil berkonsultasi ke dokter.

"Setelah ke dokter kami dikasih tahu kalau memang anak umur 18 bulan normalnya udah bisa jalan. Setelah itu, kami diminta melatih anak kami jalan dan nggak lama dia sudah bisa jalan, syukurlah," kata Karin.


Kepada Pop Sugar, Karin berpesan buat para bunda dan ayah untuk mengajak si kecil berkonsultasi ke dokter ketika di umur 18 bulan mereka belum bisa berjalan. Berangkat dari pengalamannya, saat punya anak kedua Karin lebih banyak melatih si bungsu berjalan. Nah, benar aja, Bun, sebelum umur 18 bulan si bungsu udah bisa jalan.



Ngomong soal kapan anak normalnya bisa berjalan, Baby Center menyebutkan umumnya bayi bisa melakukan langkah pertamanya di umur 9-12 bulan. Kemudian, mereka mulai bisa berjalan di umur 14-15 bulan. Tapi kalau agak lewat umur itu anak belum bisa jalan, nggak perlu khawatir, Bun.

Beberapa anak ada kok yang belum bisa jalan saat umur 16 atau 17 bulan. Tapi, buat orang tua diingatkan untuk segera berkonsultasi ke dokter kalau si kecil belum juga bisa berjalan padahal umurnya udah 18 bulan.

Untuk melatih anak berjalan, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, Bun. Apalagi, biasanya sebelum anak berjalan mereka akan belajar berdiri lalu jalan merambat dengan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya. Nah, ini dia yang bisa kita lakukan untuk melatih anak berjalan :

1. Titah anak atau beri dia semacam benda yang kokoh dan bisa didorong sebagai alat berlatih berjalan.
2. Berdirikan anak dan ajak dia melakukan sesuatu yang menyenangkan. Sehingga, kita bisa latih anak belajar berdiri beberapa saat guna melatih keseimbangannya.
3. Ajak anak bermain dengan melibatkan gerakan melangkah. Ya walaupun anak baru bisa melangkah dengan berpegangan pada meja misalnya, nggak apa-apa, Bun. Saat anak berhasil jangan lupa beri dia pujian atau reward ya.
4. Sering-sering buat bayi di posisi berdiri, bukan duduk. Sehingga, anak terbiasa berlatih berdiri dan lama-lama akan ada refleks darinya untuk menggerakkan kaki.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi