sign up SIGN UP search


parenting

Saat si Kecil Nggak Mau Tidur Siang, Coba Putarkan Lagu Ini, Bun

Nurvita Indarini Sabtu, 17 Mar 2018 15:00 WIB
Nak, yuk tidur siang dulu... caption
Jakarta - Bukan sekadar memenuhi kebutuhan tidur anak, tidur siang anak juga bisa bikin kita, bundanya, leluasa melakukan pekerjaan lainnya. Nah, siang ini si kecil sudah tidur belum, Bun?

Kalau belum coba deh, Bun, putarkan lagu nina bobo yang beda dari biasanya. Kalau Bunda sudah hafal liriknya bisa langsung menyanyikannya untuk si kecil.

Nah, HaiBunda punya rekomendasi lagu nina bobo buat anak nih, Bun. Lagu lembut ini merupakan ciptaan Pika Iskandar dan dinyanyikan oleh penyanyi cilik Jade. Cek langsung ya.


[Gambas:Youtube]



Lagu ini juga sarat pesan, Bun. Ada lirik yang memberi pesan agar anak tidak terlalu larut tidur karena asyik bermain. Lagu ini juga mengingatkan agar selalu berdoa sebelum tidur.

Karena liriknya bercerita banget, bisa sekalian jadi dongeng pengantar tidur buat anak. Saya sudah mencoba menyanyikan lagu ini buat pengantar tidur anak saya yang berusia tiga tahun, Bun. Anak saya mendengarkan dengan baik seperti mendengarkan dongeng, setelah ada diskusi sebentar tentang makna lagu ini, dia pun terlelap.

Ngomongin soal tidur anak, dikutip dari buku 'Parents Guide Growing Up Usia 2 Tahun', kebutuhan tidur siang anak-anak berbeda tergantung golongan usianya.

bBerikut waktu tidur yang mestinya dipenuhi anak menurut golongan usia:
0-2 bulan: 10,5-18 jam
2-12 bulan: 14-15 jam
1-3 tahun: 12-14 jam
3-5 tahun: 11-13 jam
5-12 tahun: 10-11 jam

Kurang dari sepertiga durasi tidur anak adalah waktu tidur siang dan sisanya durasi tidur malam. Saat tidur, anak beristirahat sejenak, dan ini penting untuk tumbuh kembangnya.

Lalu gimana kalau anak menolak tidur siang? Mungkin karena anak asyik bermain ya, Bun. Nah, kita bisa menjelaskan bahwa setelah tidur ia boleh melanjutkan bermainnya.

Oke, yuk, kita ajak dulu si kecil tidur siang, Bun. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi