parenting

Makan Pisang Bisa Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak?

Melly Febrida Senin, 18 Mar 2019 19:03 WIB
Makan Pisang Bisa Bantu Anak Tidur Lebih Nyenyak?
Jakarta - Apa asupan yang seseorang, baik dewasa maupun anak konsumsi pastinya berpengaruh pada tubuh. Begitu juga dengan asupan yang disebut bisa membantu seseorang mudah terlelap, salah satunya pisang. Dikatakan, makan pisang bisa bantu anak tidur lebih nyenyak.

Ahli Metode Gentle Parenting Sarah Ockwell-Smith mengatakan, pada dasarnya makanan yang mengandung zat kimia triptofan tinggi bisa membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Triptofan adalah asam amino dan bagian penting dari makanan manusia karena tubuh tidak dapat membuatnya. Nah, satu-satunya cara tubuh mendapatkan triptofan adalah melalui makanan, Bun.

"Meskipun menjadi unsur utama ASI, triptofan merupakan komponen penting dalam pembuatan serotonin dan melatonin, hormon tidur. Karena itu, banyak yang menyarankan konsumsi makanan dengan kandungan triptofan tinggi untuk membantu tidur," kata Ockwell-Smith dalam bukunya The Gentle Sleep Book.



Ockwell-Smith menegaskan, ada penelitian yang menemukan, meski memperbanyak asupan triptofan bisa memicu kantuk, frekuensi seseorang termasuk bayi terbangun di malam hari enggak berkurang. Lantas, makanan apa saja yang mengandung triptofan?

"Daging, keju, telur, dan ikan. Kandungan triptofan juga banyak ditemukan di keju parmesan dan cheddar, ayam dan kalkun, biji bunga matahari, wijen, serta daging domba, sapi, dan salmon," papar Ockwell-Smith.

Ilustrasi pisangIlustrasi pisang/ Foto: AFP Photo
Semua makanan itu, lanjut Ockwell-Smith mengandung lebih dari 0,2 gram triptofan per 100 gram-nya. Lalu, bagaimana dengan pisang yang disebut bila dikonsumsi si kecil bisa bikin mereka lebih mudah tidur?

"Pisang mengandung 0,01 gram triptofan per 100 gram. Jadi, kadar triptofannya tidak terlalu tinggi," ujarnya.

Sementara itu, sebuah penelitian pernah mengungkap hubungan makan pisang dengan tidur nyenyak. Penelitian yang dilakukan University of Wisconsin dan dipublikasi di Journal of Neuroscience tahun 2007 menemukan gen yang mengontrol aliran kalium (potasium) ke sel diperlukan untuk mempertahankan tidur normal. Demikian dilansir detikcom.



Pisang merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kalium atau potasium. Pisang mengandung potasium tinggi, sekitar 400 mg yang setara dengan segelas jus jeruk atau kentang kukus. Meski penelitian ini dilakukan pada lalat buah, peneliti mengatakan ada implikasi kuat antara manusia dan lalat buah. Sebab, keduanya memiliki gen pengendali kalium yang sama.

Tak hanya membuat tidur lebih nyenyak, penelitian lain menunjukkan makan pisang di malam hari bisa membantu mengobati gangguan sleep apnea (gangguan susah bernapas saat tidur).

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi