parenting

Inspirasi Nama Bayi dari Bahasa Jawa

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 29 Mar 2018 15:04 WIB
Inspirasi Nama Bayi dari Bahasa Jawa
Jakarta - Indonesia kaya akan budaya, termasuk di dalamnya bahasa. Nah, dari bahasa yang ada di Indonesia kita bisa lho mendapatkan inspirasi nama-nama buat si calon bayi. Salah satunya dari Bahasa Jawa nih, Bun.

Kalau Bunda tertarik memberi nama si kecil yang terinspirasi dari Bahasa Jawa, HaiBunda punya referensinya nih, Bun. Yuk segera simak siapa tahu Bunda dan Ayah tertarik dengan salah satu nama di bawah ini.

1. Lintang
Dalam Bahasa Jawa, lintang memiliki arti bintang. Nama ini cocok buat anak perempuan atau laki-laki lho. Apalagi kalau si kecil bagaikan bintang yang menerangi kehidupan Bunda dan Ayah, nama ini pas banget dipilih.


2. Ayu
Buat si gadis cilik, ayu bisa jadi nama yang pas. Ayu memiliki arti cantik. Nama ini bisa kita sematkan ke si kecil dengan harapan kelak dia memilki sifat yang cantik baik dari tutur, perilaku, hati, juga rupa.

3. Menik
Kalau si kecil kebetulan punya tubuh yang imut dan mungil, nama Menik bisa jadi pilihan nih, Bun. Nama Menik pastinya cocok untuk anak perempuan ya.

4. Lanang
Kalau Bunda dan Ayah punya jagoan cilik, bisa banget nih nama Lanang dipilih. Lanang berarti laki-laki. Ini sama dengan ketika Bunda dan Ayah memilih nama pria atau lelaki untuk si jagoan kecil.

5. Gendis
Gendis memiliki arti gula. Kalau nama ini dipilih buat si gadis cilik, diharapkan dia bisa memiliki paras yang manis, seperti gula. Selain itu, kelak anak juga bisa 'manis' dalam sikap dan perilakunya, Bun.

6. Arum
Ini berarti harum atau wangi. Jadi, cocok banget nama Arum dikasih ke anak kita yang perempuan, Bun. Sudah pasti wangi atau harum kan hal yang positif ya. Nah nantinya diharapkan anak bisa jadi sosok yang mengharumkan nama keluarga juga bisa menjadi seseorang yang menebarkan kebaikan.

7. Sekar
Masih untuk nama anak perempuan. Sekar yang memiliki arti bunga ini bisa jadi pilihan. Dengan diberi nama ini, semoga si gadis cilik bisa membawa kebaikan bak bunga untuk orang di sekitarnya.

8. Bagus
Kalau kita ingin kelak anak laki-laki kita memiliki tutur, hati, wajah, dan perilaku yang baik, nama Bagus bisa jadi pilhan lho, Bun.

9. Dimas
Nama untuk anak laki-laki ini cocok diberi untuk anak kedua dan seterusnya. Ya, karena dalam Bahasa Jawa Dimas memiliki arti adik.

10. Diajeng
Kalau si anak kedua dan seterusnya alias si adik ini berjenis kelamin perempuan, nama diajeng bisa dipilih lho.

Inspirasi Nama Bayi dari Bahasa JawaInspirasi Nama Bayi dari Bahasa Jawa Foto: Dhani Irawan/detikcom


11. Banyu
Kehadiran anak bagaikan air dalam kehidupan kita dan suami? Membawa kesegaran dan kita berharap dia bisa berguna untuk lingkungan sekitarnya? Nah, nama Banyu yang memiliki arti air ini bisa dipilih.

12. Bayu
Bayu memiliki arti angin atau napas. Sehingga, nama ini cocok dipilih untuk anak laki-laki dengan harapan dia bisa menjadi sumber 'napas' untuk lingkungan sekitarnya dan pastinya anak bisa punya sifat seperti angin yang membawa kesejukan untuk orang di sekitar.

13. Wulan
Wulan adalah Bahasa Jawa untuk bulan. Kalau anak kita berjenis kelamin perempuan lahir di malam hari dan kita berharap dia bisa jadi penerang, nama Wulan pas banget dipilih nih.

14. Estri
Nama Estri bisa diberikan untuk anak perempuan. Estri sendiri memiliki arti perempuan, Bun.

15. Rama
Diambil dari Romo yang dalam Bahasa Indonesia berarti bapak. Dengan nama ini, diharapkan anak laki-laki kita bisa jadi sosok yang bijak dan berwibawa sebagaimana seorang ayah.

16. Asma
Asma memiliki arti nama. Asma umumnya jadi pilihan untuk anak perempuan.

17. Artha
Artha atau arta memiliki arti uang. Kalau memberi nama ini buat si bayi perempuan, pastinya ada harapan supaya di dunia ini anak bisa jadi orang yang berkecukupan di dunia ini ya.

18. Mirah
Mirah merupakan sejenis batu permata. Nama ini cocok buat anak perempuan, Bun.

19. Rahayu
Nama ini memiliki arti damai dan sejahtera.

20. Dalu
Nama ini pas buat si kecil yang lahirnya di malam hari, Bun, dan berjenis kelamin laki-laki.

21. Awan
Nah, kalau anak lahirnya di siang hari, bisa juga diberi nama Awan yang artinya siang.

22. Tresna
Kalau ingin anak jadi seseorang yang penuh dengan cinta juga dicintai oleh orang di sekitarnya, Tresna yang memiliki arti cinta bisa kita pilih buat nama si kecil.

23. Salira
Salira memiliki arti badan atau raga. Nama ini cocok untuk anak perempuan. Sali atau Lira bisa jadi panggilan yang unik lho.

24. Pambayun
Memiliki arti putri sulung. Nah, pas banget dipilih buat Bunda dan Ayah yang sedang menanti kelahiran anak pertama dan kebetulan berjenis kelamin perempuan.

25. Kala
Nama yang memiliki arti waktu ini cocok diberikan untuk bayi laki-laki atau perempuan.

26. Probo
Nama yang cocok untuk anak laki-laki ini memiliki arti sinar. Dengan nama ini kita bisa berharap si jagoan cilik bisa jadi sinar dan penerang dalam kehidupan kita nih, Bun.

Nah, gimana Bunda dan Ayah? Sudah menemukan nama yang pas untuk si kecil? (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi