parenting

Tentang Bayi yang Ditato dan Jadi Viral, Bahayanya Apa Saja Ya?

Amelia Sewaka Senin, 02 Apr 2018 19:03 WIB
Tentang Bayi yang Ditato dan Jadi Viral, Bahayanya Apa Saja Ya?
Hanoi, Vietnam - Baru-baru ini beredar video tentang bayi yang ditato. Sebagai ibu, tentu miris melihatnya. Bayangkan, anak kita ditato dadanya. Duh, kok tega ya.

Soal tato pada bayi apakah ini aman atau ada risikonya? Tato pada anak sebenarnya memang banyak ditemukan. Apalagi penelitian menemukan bahwa 62,5 persen anak di bawah umur mendapatkan tato secara ilegal.

Data tersebut diperoleh dari survei Wigan Council yang mensurvei 150 anak usia di bawah 19 tahun. Beberapa anak dalam survei juga mengatakan mereka telah melakukan pengecekan terhadap salon tato yang akan mereka kunjungi. Beberapa di antara mereka ada yang mengaku sudah menato tubuhnya sejak usia 15 tahun.


Menurut data Journal Contact Dermatitis, banyak orang yang telah dilaporkan mengalami reaksi alergi, dengan tingkat rendah sampai mengkhawatirkan, setelah menggunakan tato. Iritasi kulit dan alergi memang banyak dilaporkan terkait penggunaan tato, apalagi yang ilegal. Hal tersebut bisa terjadi akibat reaksi tubuh terhadap beragam tinta yang digunakan. Demikian dikutip dari Daily Mail.

Titik hitam yang dideteksi sebagai granuloma, juga bisa saja terbentuk di sekeliling material tubuh yang mungkin dianggap sebagai benda asing, seperti pigmen tinta.

dr Marie Leger, seorang dermatologis di New York University Langone Medical Center mengatakan pernah mendapati keluhan komplikasi bakteri dan gatal-gatal. Dia juga menemukan fakta sebanyak 6 dari 10 orang mengalami masalah kronis dan bengkak pada luka akibat tato selama bertahun-tahun. Bahkan, beberapa orang responden dalam penelitiannya melaporkan merasa terganggu dengan hal tersebut.



Tuh, yang orang dewasa saja bisa mendapatkan masalah akibat mentato tubuh secara ilegal. Karena itu dalam beberapa kasus, menghapus tato bisa menjadi pilihan terbaik. Tapi ingat juga, hapuslah di tempat yang tepercaya dan berpengalaman dalam proses tersebut. Soalnya jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menyebabkan reaksi anafilakis. Kondisi ini mengacu pada reaksi alergi mematikan yang bikin menyempitnya saluran tenggorokan dan penurunan tekanan darah yang sangat berbahaya.

Terkait video bayi ditato yang dibuat di Vietnam tersebut terlihat si kecil tidak menangis sama sekali. Sehingga muncullah spekulasi netizen bahwa kemungkinan tato yang diberikan pada bayi adalah tato palsu.



"Itu hanya stensil, jika ini benar-benar bayi itu akan menangis," ujar netizen yang berkomentar.

Terlepas palsu atau tidak tatonya, bagimana menurut Bunda gimana?



(Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi